Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Yonaevy, Umy (2015) Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (surat penyataan publikasi)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (899kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (944kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sebagai seorang calon sarjana maupun sarjana mahasiswa dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan zaman. Banyaknya sarjana yang lulus setiap tahun membuat kompetisi dalam mencari pekerjakaan semakin ketat, sehingga tidak menutup kemungkinan semakin banyak pula jumlah sarjana yang menganggur. Disamping kompetisi yang semakin banyak didukung dengan jumlah lapangan kerja yang sedikit, serta faktor lain misalnya terlalu memilih-milih jenis pekerjaan dengan harapan gaji tinggi. Mahasiswa seharusnya memiliki karakter yang mandiri ini dapat dilihat dari kepandaian seseorang dalam membuat ide-ide baru dan kreatifitas untuk menciptakan sesuatu yang bermamfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain, Salah satunya adalah kemampuan berwirausaha. Tujuan dari penelitan ini yaitu mengetahui hubungan antara dukungan sosial dari orang tua dengan minat berwirausaha. Hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dengan minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Unversitas Muhammdiyah Surakarta yang berwirausaha. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu pengambilan sampel didasarkan atas karakteristik atau ciri-ciri tertentu, dengan jumlah 85 subjek. Metode pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial dan skala minat berwirausaha. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS 15.0 menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson, diperolah nilai koefisien korelasi sebesar 0,506; sig = 0,000 (p<0,01). Berdasarkan hasil analisis, diketahui variabel dukungan sosial mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 120,09 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 90 yang berarti dukungan sosial dari orang tua kepada subjek tergolong tinggi. Variabel minat berwirausaha, diketahui rerata empirik (RE) sebesar 63,78 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 47,5 yang berarti Minat berwirausaha subyek tergolong tinggi. Sumbangan efektif antara variabel dukungan sosial terhadap minat berwirausaha sebasar 25,6%. Sementara 74,7% variabel lain yang mempengaruhi minat berwirausaha diluar dukungan sosial (orang tua).Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial, Minat bewirausaha .
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: UMY YONAEVY
Date Deposited: 07 Aug 2015 03:26
Last Modified: 07 Aug 2015 03:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36521

Actions (login required)

View Item View Item