Penggunaan Majas Perbandingan pada Karangan Siswa Kelas 2 SMPN 03 Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014

Hargianto, Fredi (2015) Penggunaan Majas Perbandingan pada Karangan Siswa Kelas 2 SMPN 03 Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (433kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] PDF (Bab V)
BNAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan penggunaan majas perbandingan pada karangan siswa Kelas 2 SMPN 03 Colomadu dan mendeskripsikan implikasi dalam pengajaran bahasa dan sastra Indonesia sehingga dapat memberikan umpan balik terhadap kemampuan mengarang siswa Kelas 2 SMPN 03 Colomadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Objek penelitian ini berupa penggunaan majas perbandingan pada karangan siswa Kelas 2 SMPN 03 Colomadu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan pustaka. Hasil analisis data dapat disimpulan bahwa ditemukan beberapa majas perbandingan yang digunakan siswa kelas 2 SMPN 03 Colomadu dalam karangan mereka yaitu majas personifikasi, metafora, sinestesa, simile, dan hiperbola. Implementasi dalam pengajaran bahasa dan sastra Indonesia sehingga dapat memberikan umpan balik terhadap kemampuan mengarang siswa Kelas 2 SMPN 03 Colomadu berdasarkan tujuan pembelajaran adalah Mendidik siswa berkenaan dengan pembentukan karakter siswa yang bertanggung jawab. Dalam hal ini siswa dituntut untuk bisa bertanggung jawab karena siswa dilatih untuk bisa melakukan pekerjaan mereka secara individu dan dipertanggungjawabkan dalam kelompok. Siswa bertanggung jawab dengan karangan mereka yang tidak melukan sistem penulisan dengan menggunakan gaya bahasa yang benar, seperti penggunaan majas perbandingan untuk memperindah dan mempermudah karangan mereka untuk dibaca.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Majas Perbandingan, Implikasi Pembelajaran, Gaya Bahasa
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Fredi Hargianto
Date Deposited: 07 Aug 2015 01:58
Last Modified: 07 Aug 2015 01:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36494

Actions (login required)

View Item View Item