HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP METODE PENDIDIKAN ALTERNATIF BERBASIS KOMUNITAS DENGAN KEMANDIRIAN SISWA DI SEKOLAH QORYAH TOYYIBAH SALATIGA

ARIYANTI, PUSPITASARI DWI (2009) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP METODE PENDIDIKAN ALTERNATIF BERBASIS KOMUNITAS DENGAN KEMANDIRIAN SISWA DI SEKOLAH QORYAH TOYYIBAH SALATIGA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040035.pdf

Download (65kB)
[img] PDF
F100040035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)

Abstract

Pendidikan adalah manisfestasi kehidupan. Proses pendidikan adalah proses memanusiakan manusia, kehidupan akan berkembang dengan optimal manakala ada suatu pemerdekaan. Kemandirian merupakan kebebasan seseorang untuk menentukan masa depannya, hal ini menunjukkan dalam merencanakan hidup ditentukan oleh dirinya sendiri. Metode pendidikan alternatif berbasis komunitas sedikit memberikan alternatif jawaban dalam persoalan pendidikan di Indonesia yang dikaitkan dengan kemandirian siswa. Hal ini terjadi dikarenakan adanya beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian. Salah satu yang mempengaruhi kemandirian siswa salah satunya adalah persepsi terhadap metode pendidikan alternatif berbasis komunitas. Tujuan penelitian ini adalah 1).Untuk mengetahui hubungan persepsi terhadap metode pendidikan alternatif berbasis Komunitas dengan Kemandirian Siswa di Sekolah Qoryah Toyyibah Salatiga.2). Untuk mengetahui sumbangan efektif variabel persepsi terhadap metode pendidikan alternatif berbasis Komunitas terhadap Kemandirian Siswa di Sekolah Qoriah Toyyibah SalaTiga. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Ada hubungan positif antara persepsi terhadap metode pendidikan alternatif berbasis komunitas dengan kemandirian siswa”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Qoryah Toyyibah kelas 1,2,3 yang berjumlah 56 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah studi populasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala persepsi terhadap metode pendidikan alternatif dan skala kemandirian. Berdasarkan hasil perhitungan dengan product moment diperoleh korelasi r = 0,734 dengan p=0,000(p<0,01) hasil ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara antara persepsi terhadap metode pendidikan alternatif dengan kemandirian siswa. Total sumbangan efektif (SE)=53,8% yang berarti masih terdapat 46,2% faktor-faktor lain yang mempengaruhi kemandirian diluar persepsi terhadap metode pendidikan alternatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap metode pendidikan alternatif berbasis komunitas dengan kemandirian siswa. Tingkat persepsi terhadap metode pendidikan alternatif berbasis komunitas pada siswa-siswi SMP Qoryah Toyyibah SalaTiga tergolong tinggi dengan rerata empirik sebesar 110,821 sedangkan tingkat kemandirian siswa tergolong tinggi dengan rerata empirik sebesar 140,732.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi terhadap metode pendidikan alternatif berbasis komunitas, kemandirian siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Jul 2009 08:46
Last Modified: 03 Jan 2012 09:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3643

Actions (login required)

View Item View Item