Implementasi Karakter Kemandirian dan Kerja Keras pada Pekerja Penyandang Cacat Tubuh (Studi Kasus di Usaha Jahit "Luny Jeans" Kelurahan Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015)

Septiana Purwaningsih, Fathanah (2015) Implementasi Karakter Kemandirian dan Kerja Keras pada Pekerja Penyandang Cacat Tubuh (Studi Kasus di Usaha Jahit "Luny Jeans" Kelurahan Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (514kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memdiskripsikan implementasi karakter kemandirian dan kerja keras pada pekerja penyandang cacat tubuh(studi kasus di usaha jahit “Luny Jeans” Kelurahan Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015). Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan yaitu pemilik usaha jahit dan pekerja penyandang cacat tubuh.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan mengkaji dokumen. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu melalui triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Analisis data yang digunakan yaitu model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk implementasi karakter kemandirian dan kerja keras pada pekerja penyandang cacat tubuh di usaha jahit “Luny Jeans” yaitu melakukan pekerjaan secara sendiri yang dapat menghasilkan hasil yang maksimal, mengerjakan pekerjaannya secara giat dan sungguh-sungguh dan memiliki target yang ingin dicapai sehingga memberi semangat bekerja dengan keras. Hambatan implementasi karakter kemandirian dan kerja keras yaitu tidak dapat melakukan pekerjaan yang berat dikarenakan kecacatan fisik yang dialami, masih adanya instruksi atau perintah dari pemilik usaha dalam mengerjakan pekerjaan serta ada rasa bosan terhadap pekerjaan. Solusi implementasi karakter kemandirian dan kerja keras pada pekerja penyandang cacat tubuh di usaha jahit “Luny Jeans” yaitu memberikan kesempatan untuk terbiasa melayani pelanggan, saling memahami antar teman kerja agar dalam bekerja menjadi senang, dan motivasi dari diri sendiri, mengurangi rasa bosan dengan menghibur diri melakukan hobi serta harus ada pemahaman dari pemilik usaha mengenai keterbatasan pekerjanya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter, kemandirian, kerja keras, dan pekerja penyandang cacat tubuh
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Fathanah Septiana Purwaningsih
Date Deposited: 06 Aug 2015 08:06
Last Modified: 06 Aug 2015 08:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36423

Actions (login required)

View Item View Item