Eksistensi Perempuan dalam Kumpulan Cerita Pendek Rectoverso Karya Dewi Lestari: Kajian Sastra Feminis dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar di SMA

Raharja, Dian Sukma and , Prof. Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. (2015) Eksistensi Perempuan dalam Kumpulan Cerita Pendek Rectoverso Karya Dewi Lestari: Kajian Sastra Feminis dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka .pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB) | Request a copy
[img] PDF (Naskah publikasi)
NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Eksistensi perempuan dalam karya sastra bisa berarti apa saja. Keberadaan sosok perempuan di dalam karya sastra tidak hanya sebagai pelengkap sebuah cerita melainkan sebagai tokoh sentral dari sebuah karya sastra. Tujuan Penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan latar sosiohistoris Dewi Lestari sebagai pengarang kumpulan cerita pendek Rectoverso, (2) mendeskripsikan struktur kumpulan cerita pendek Rectoverso karya Dewi Lestari, (3) mendeskripsikan eksistensi perempuan dalam kumpulan cerita pendek Rectoverso karya Dewi Lestari, (4) Mendiskripsikan implementasi kumpulan cerita pendek Rectoverso karya Dewi Lestari sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah eksistensi perempuan yang ada pada kumpulan cerita pendek Rectoverso karya Dewi Lestari. Sumber data penelitian ini adalah kumpulan cerita pendek Rectoverso karya Dewi Lestari. Teknik pengumpulan data, yakni menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat . Teknik analisis data yang digunakan adalah model semiotik, yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) latar sosio-historis Dewi lestari lahir tanggal 20 Januari 1976 di Bandung. (2) struktur kumpulan cerpen Rectoverso karya Dewi Lestari dapat dilihat dari kepaduan tema dan fakta cerita. (3) eksistensi perempuan dalam kumpulan cerita pendek Rectoverso terbagi ke dalam eksistensi sebagai pribadi perempuan, eksistensi perempuan dalam keluarga, dan eksistensi perempuan dalam masyarakat. (4) implementasi novel Penari Kecil karya Sari Safitri Mohan ini dapat diimplementasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI semester 1 (ganjil).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, perempuan, feminisme, implementasi, bahan ajar di SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Dian Sukma Raharja
Date Deposited: 07 Aug 2015 01:35
Last Modified: 07 Oct 2021 14:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36410

Actions (login required)

View Item View Item