HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP KONSUMTIF DAN PERSEPSI TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DENGAN PERILAKU MEMBELI PADA YOGYA CHICKEN

YULIANI, HERLINA (2009) HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP KONSUMTIF DAN PERSEPSI TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DENGAN PERILAKU MEMBELI PADA YOGYA CHICKEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040031.pdf

Download (25kB)
[img] PDF
F100040031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)

Abstract

Perilaku konsumen dalam pembelian dapat dipengaruhi oleh faktor gaya hidup konsumtif dan citra perusahaan. Citra perusahaan bisa menjadi alasan bagi konsumen untuk menggunakan produk dari perusahaan tersebut. Perilaku konsumen dalam pembelian timbul karena perusahaan memiliki citra yang baik. Gaya hidup konsumtif dimanfaatkan oleh para pemasar dalam merencanakan program pemasarannya. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya hidup konsumtif dan persepsi terhadap citra perusahaan dengan perilaku membeli pada Yogya Chicken. Hipotesis yang diajukan : 1) Hipotesis mayor: Ada hubungan antara gaya hidup konsumtif dan persepsi terhadap citra perusahaan dengan perilaku membeli pada Yogya Chicken; 2) Hipotesis minor: a) ada hubungan positif antara gaya hidup konsumtif dengan perilaku membeli pada Yogya Chicken, b) ada hubungan positif antara persepsi terhadap citra perusahaan dengan perilaku membeli pada Yogya Chicken. Subjek penelitian adalah konsumen rumah makan siap saji Yogya Chicken yang berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sample. Pengumpulan data menggunakan 1) skala gaya hidup konsumtif, 2) skala persepsi terhadap citra perusahaan, 3) skala perilaku pembelian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi dua prediktor. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi R = 0,657, Fregresi = 36,846; p = 0,000 (p < 0,01), berarti ada hubungan yang sangat signifikan antara gaya hidup konsumtif dan persepsi terhadap citra perusahaan dengan perilaku pembelian. Analisis korelasi rpar-x1y sebesar 0,597; p = 0,000 (p < 0,01), berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara gaya hidup konsumtif dengan perilaku pembelian. Analisis korelasi rpar-x2y sebesar 0,196; p = 0,024 (p < 0,05) berarti ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap citra perusahaan dengan perilaku pembelian. Sumbangan efektif gaya hidup konsumtif terhadap perilaku membeli = 40,904% dan sumbangan efektif persepsi terhadap citra perusahaan terhadap perilaku membeli = 2,269%. Total sumbangan efektif = 43,172% yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinan (R2) = 0,432. Berdasarkan uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan antara gaya hidup konsumtif dan persepsi terhadap citra perusahaan dengan perilaku membeli pada Yogya Chicken. Hal ini berarti variabel gaya hidup konsumtif dan persepsi terhadap citra perusahaan dapat dijadikan sebagai prediktor untuk memprediksikan atau mengukur perilaku membeli pada konsumen Yogya Chicken.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya hidup konsumtif, Persepsi terhadap citra perusahaan, Perilaku membeli.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Jul 2009 08:39
Last Modified: 27 Oct 2011 06:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3641

Actions (login required)

View Item View Item