Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match dan Problem Possing Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Ngeri 11 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

Rahmantyo, Fauzar Adi (2015) Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match dan Problem Possing Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Ngeri 11 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
08. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (470kB)
[img] PDF (Halaman Depann)
00. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (440kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
09. PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran Index Card Match dan Problem Posing terhadap prestasi belajar matematika, tingkat kreativitas siswa terhadap prestasi belajar, dan interaksi antara strategi pembelajaran dan tingkat kreativitas terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen dengan subjek penelitian siswa kelas VII C dan VII E SMP Negeri 11 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 67 siswa yang dipilih menggunakan metode Cluster Random Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, tes, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan analisis variansi dua jalur sel tak sama mulai dari pengumpulan data, uji validitas data, uji reliabilitas data, uji prasyarat, dan analisis variansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : a) terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestrasi belajar, b) terdapat pengaruh tingkat kreativitas terhadaop prestasi belajar, c) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan tingkat kreativitas terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pada masing-masing tingkat kreativitas, strategi Problem Posing pasti memberikan pengaruh lebih baik terhadap prestasi belajar daripada strategi Index Card Match dan pada masing-masing strategi pembelajaran, kreativitas belajar tinggi pasti memberikan pengaruh lebih baik terhadap prestasi belajar daripada kreativias belajar sedang dan rendah, sementara kreativitas belajar sedang dan rendah pasti memberikan pengaruh sama baiknya terhadap prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Index Card Match, Problem Posing, prestasi belajar, kreativitas
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fauzar Adi Rahmantyo
Date Deposited: 07 Aug 2015 03:29
Last Modified: 07 Aug 2015 03:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36401

Actions (login required)

View Item View Item