Analisis Pengaruh Rasio Operating Profitability Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Property, RealEstate, dan Building Construction Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2009-2011)

Andrian, Wisnu Adi (2015) Analisis Pengaruh Rasio Operating Profitability Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Property, RealEstate, dan Building Construction Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2009-2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (657kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I (1-7).pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II (7-39).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III (40-50).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV (51-65).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V (66-67).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI WISS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitianini berjudul “Analisis pengaruh rasio operating profitability terhadap harga saham (Studi pada perusahaan property, real estate, dan buliding construction yang terdaftar di BEI tahun 2009-2011)”. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah yang pertama untuk menjelaskan pengaruh dari variabel ROE, ROA, GPM, OPM, dan NPM terhadap variabel harga saham perusahaanproperty, real estate, dan buliding construction yang terdaftar di BEI tahun 2009-2011. Dan yang kedua adalah untuk menjelaskan variabel independen (ROE, ROA, GPM, OPM, dan NPM) yang berpengaruh dominan terhadap variabel dependen (harga saham perusahaanproperty, real estate, dan buliding construction) yang terdaftar di BEI tahun 2009-2011. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel ROE dan ROAterdapat pengaruh yang signifikan terhadap perubahan harga sahamproperty, real estate, dan buliding construction yang terdaftar di BEI, sedangkan GPM, OPM, dan NPM tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap harga saham property, real estate, dan buliding construction yang terdaftar di BEI. Pada hasil uji f menunjukan ROE, ROA, GPM, OPM, dan NPM secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap harga saham dan varabel ROA memiliki pengaruh dominan terhadap harga saham dibandingkan variabel lain. Pada uji asumsi klasik seluruh variabel berdistribusi normal pada uji normalitas, kemudian pada uji multikolinieritas tidak terjadi multikolinieritas, lalu pada uji heteroskedastisitas tidak terjadi heteroskedastisitas, dan pada uji autokorelasi tidak terjadi autokorelasi. Pada ujitterbukti variabel ROE berpengaruh negatif, hal ini ditunjukan dengan nilai yaitu thitung lebih kecil dari ttabel atau -2,105 < -1,99. Sebaliknya variabel ROA berpengaruh positif, yaitu ditunjukan dengan thitung lebih besar dari ttabel atau 4,917 > 1,99. Sedangkan variabel GPM, OPM, dan NPM tidak berpengaruh secara individu dimana variabel GPM menunjukan nilai thitung lebih kecil dari ttabel atau 1,265 < 1,99, kemudian variabel OPM menunjukan nilai thitung lebih kecil dari ttabel atau 0,643 < 1,99, dan variabel NPM menunjukan nilai thitung lebih kecil dari ttabel atau -1,517 < 1,99.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Return On Equity, Return On Asset, Gross Profit Margin, Operating Profit Margin, Net Profit Margin dan Harga Saham
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Aug 2015 05:12
Last Modified: 06 Aug 2015 05:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36396

Actions (login required)

View Item View Item