Analisis Perbedaan Sikap Konsumen Yang Peduli (High Involvement) Dan Yang Kurang Peduli (Low Involvement) Terhadap Kelestarian Lingkungan Pada Iklan Hijau (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Sari, Indah Estiyanah and , Jati Waskito, S.E., M.Si. (2015) Analisis Perbedaan Sikap Konsumen Yang Peduli (High Involvement) Dan Yang Kurang Peduli (Low Involvement) Terhadap Kelestarian Lingkungan Pada Iklan Hijau (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (847kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (438kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik responden dengan kepedulian mereka terhadap lingkungan, hubungan karakteristik responden dengan sikap mereka terhadap iklan hijau dan mengetahui perbedaan sikap konsumen yang peduli lingkungan dan konsumen yang kurang peduli lingkungan terhadap iklan hijau. Hasil Penelitian ini diharapkan sebagai bahan masukan kepada perusahaan mengenai keterlibatan konsumen terhadap iklan hijau untuk menentukan kebijakan dan sebagai alat untuk mengambil keputusan yang akan diterapkan pada perusahaan dalam rangka pencapaian sasaran dan tujuan perusahaan. Jenis penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif. Pengujian pertama dalam penelitian ini menggunakan uji cluster dan pengujian hipotesis menggunakan uji independen sampel T tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden mahasiswa. Tenik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil uji cluster membagi dua kelompok mahasiswa yang peduli lingkungan sebanyak 85 mahasiswa dan yang kurang peduli lingkungan sebanyak 15 mahasiswa. Hasil perhitungan uji sample independen T tes membandingkan karakteristik jenis kelamin dengan variabel independen yaitu keterlibatan yang hasilnya tidak signifikan ditnjukkan angka sig.0,207 > 0,05 dan tidak ada perbedaan antara laki-laki dengan perempuan dalam menanggapi iklan hijau, variabel keterlibatan dengan karakteristik keaktifan organisasi yang ditunjukkan dengan angka 0,635 > 0,05 yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan dan tidak signifikan mahasiswa yang aktif organisasi atau tidak aktif organisasi dalam keterlibatannya terhadap iklan hijau. Variabel sikap iklan dengan karakteristik jenis kelamin yang mendapat angka sig. 0,045 < 0,05 dinyatakan ada perbedaan dan signifikan dalam menyikapi iklan hijau. Dan variabel sikap iklan dengan karakteristik keorganisasian mendapatkan angka sig.0,414 > 0,05 dinyatakan tidak ada perbedaan dan tidak signifikan antara mahasiswa yang aktif organisasi atau yang tidak aktif organisasi dalam menyikapi iklan hijau. Hasil antara keterlibatan konsumen yang peduli dan keterlibatan konsumen kurang peduli terhadap lingkungan dinyatakan adanya perbedaan yang signifikan dalam menanggapi iklan hijau yaitu 0,000 < 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Konsumen, Sikap Konsumen, Iklan Hijau
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Aug 2015 05:07
Last Modified: 10 Oct 2021 07:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36385

Actions (login required)

View Item View Item