Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Perilaku Konsumtif Pada Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar

Nugrahani, Dwi, Endah (2015) Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Perilaku Konsumtif Pada Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (naskah publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (749kB)
[img] PDF (halaman depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Pernyataan publikasi ilmiah)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan perilaku mengkonsumsi barang-barang yang sebenarnya kurang atau tidak diperlukan. Khususnya bagi ibu rumah tangga perilaku konsumtif perlu mendapat perhatian, agar ibu rumah tangga mampu mengatur keuangan dengan baik. Kenyataannya tidak semua ibu rumah tangga memiliki kecenderungan perilaku konsumtif rendah. Ada sebagian ibu rumah tangga memiliki kecenderungan perilaku konsumtif tinggi. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif yaitu kematangan emosi. Kematangan emosi merupakan kemampuan mengendalikan emosi tertentu secara stabil sesuai dengan perkembangan usianya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kematangan emosi dengan perilaku konsumtif pada ibu rumah tangga, (2) tingkat kematangan emosi pada ibu rumah tangga, (3) tingkat perilaku konsumtif pada ibu rumah tangga, dan peran kematangan emosi terhadap perilaku konsumtif pada ibu rumah tangga. Penelitian dianalisis secara kuantitatif, dengan populasi dalam penelitian ini adalah para ibu rumah tangga di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar pada tahun 2014 berdasarkan kategori tingkat usia antara 20 tahun – 30 tahun sebanyak 9.143 dan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 orang. Pemilihan subjek ini menggunakan teknik cluster random sampling, Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala, yaitu skala kematangan emosi dan perilaku konsumtif. Analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Ada hubungan negatif yang signifikan antara kematangan emosi diri dengan perilaku konsumtif. (2) Tingkat kematangan emosi ibu rumah tangga tergolong sedang. (3) Tingkat perilaku konsumtif ibu rumah tangga tergolong sangat tinggi. (4) Kematangan emosi memiliki sumbangan efektif terhadap perilaku konsumtif sebesar 21%. Hal ini berarti masih terdapat beberapa variabel lain yang mempengaruhi perilaku konsumtif sebesar 79%. Faktor lain yang dapat dijadikan untuk variabel, yang berhubungan dengan perilaku konsumtif antara lain faktor dari dalam diri individu yaitu motivasi, kepribadian, konsep diri, sikap dan faktor yang berasal dari luar individu (eksternal) yaitu kebudayaan, kelompok, serta keluarga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kematangan Emosi, Perilaku Konsumtif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Endah Dwi Nugrahani
Date Deposited: 08 Aug 2015 04:46
Last Modified: 08 Aug 2015 04:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36380

Actions (login required)

View Item View Item