Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iii Sd Negeri Tegalwaton 01 Tahun Pelajaran 2014/201

FAUZI, ISNA MIFTAHUL and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2015) Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iii Sd Negeri Tegalwaton 01 Tahun Pelajaran 2014/201. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (784kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
surat pernyataan publikasi karya ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar melalui penerapan strategi pembelajaran Rotting Trio Exchenge pada mata pelajaran matematika siswa kelas III SD Negeri Tegalwaton 01. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelasnya untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa. Subjek penerimaan tindakan adalah siswa kelas III SD Negeri Tegalwaton 01 yang berjumlah 21 siswa, subjek pelaku tindakan guru (peneliti). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar siswa pada pembelajaram matematika dapat meningkat, dengan rata-rata partisipasi aktif dalam pembelajaran pada kondisi awal sebesar 41,66%, siklus I sebesar 71,42%, siklus II sebesar 83,33%. Memberikan perhatian pada pembelajaran pada kondisi awal sebesar 39,28%, siklus I sebesar 69,04%, siklus II 84,52%. Ketertarikan terhadap proses pembelajaran kondisi awal sebesar 40,47%, siklus I sebesar 67,85%, siklus II 84,52%. Rajin dalam belajar pada kondisi awal sebesar 45,81%, siklus I sebesar 72,61%, siklus II sebesar 86,90%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchenge pada mata pelajaran matematika siswa kelas III SD Negeri Tegalwaton 01 Tahun ajaran 2014/2015 dapat meningkatkan minat belajar dengan optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Minat Belajar, Rotating Trio Exchenge,Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Isna Miftahul Fauzi
Date Deposited: 06 Aug 2015 05:38
Last Modified: 10 Oct 2021 12:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36342

Actions (login required)

View Item View Item