Motif Dan Kepuasan Pendengar Radio Gapura Klewer 107,7 FM (Studi Komparatif Kesenjangan antara Motif dan Kepuasan Pendengar Radio Gapura Klewer 107,7 FM Surakarta)

WIBOWO, Anwar Pukriswanto and -, Drs. Joko Sutarso, M.Si and , Agus Triyono, M.Si (2015) Motif Dan Kepuasan Pendengar Radio Gapura Klewer 107,7 FM (Studi Komparatif Kesenjangan antara Motif dan Kepuasan Pendengar Radio Gapura Klewer 107,7 FM Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
00. Naskah Publikasi.pdf

Download (265kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf

Download (657kB)
[img] PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08. Daftar Pustaka.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
09. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)

Abstract

Keberadaan radio Gapura Klewer dirasakan banyak manfaatnya bagi para pedagang terutama untuk mendapatkan beberapa informasi dan promosi bisnis terkait dengan usaha mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kesenjangan motif dan kepuasan pendengar radio gapura Klewer. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang pasar Klewer, dengan sampel penelitian adalah 100 orang yang tinggal disekitar pasar Klewer dan mendengarkan siaran radio Gapura Klewer Promotions ( RGK) 107,7 FM, dengan insidental sampling sebagai teknik pengambilan sampel, yaitu pengambilan secara kebetulan. Teknil pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kesenjangan discrepancy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat kesenjangan antara motif dan kepuasan pendengar radio Gapura Klewer 107,7 FM Surakarta dilihat dari aspek informasi diperoleh nilai kesenjangan sebesar 19%, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pendengar radio Gapura Klewer 107,7 FM Surakarta berdasarkan aspek informasi termasuk dalam kategori sedang; 2) tingkat kesenjangan antara motif dan kepuasan pendengar radio Gapura Klewer 107,7 FM Surakarta dilihat dari aspek identitas pribadi diperoleh nilai kesenjangan sebesar 15%, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pendengar radio Gapura Klewer 107,7 FM Surakarta berdasarkan aspek identitas pribadi termasuk dalam kategori sedang;3) tingkat kesenjangan antara motif dan kepuasan pendengar radio Gapura Klewer 107,7 FM Surakarta dilihat dari aspek integrasi dan interaksi sosial diperoleh nilai kesenjangan sebesar 8%, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pendengar radio Gapura Klewer 107,7 FM Surakarta berdasarkan aspek integrasi dan interaksi sosial termasuk dalam kategori tinggi; 4)tingkat kesenjangan antara motif dan kepuasan pendengar radio Gapura Klewer 107,7 FM Surakarta dilihat dari aspek hiburan diperoleh nilai kesenjangan sebesar 25%, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pendengar radio Gapura Klewer 107,7 FM Surakarta berdasarkan aspek hiburan termasuk dalam kategori rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motif, kepuasan, kesenjangan, radio
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Anwar Pukriswanto Wibowo
Date Deposited: 06 Aug 2015 02:40
Last Modified: 13 Oct 2021 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36328

Actions (login required)

View Item View Item