PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGINGAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

WULANDARI, TRI (2009) PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGINGAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100030247.pdf

Download (105kB)
[img] PDF
F100030247.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)

Abstract

Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa berbeda dengan makhluk lainnya. Manusia dianugerahi otak sebagai pusat akal dan pikiran. Otak merupakan pusat ingatan untuk menerima, menyimpan, dan mengenali informasi. Oleh karena itu manusia pasti akan melakukan proses mengingat dalam keadaan apapun, dimana pun, dan kapan pun selama otak dalam keadaan baik. Semua jenis ingatan ada dalam otak manusia, dalam belajar pun juga memerlukan semua jenis ingatan. Setiap orang mempunyai cara belajar yang berbeda. Seseorang yang mengetahui cara belajar yang dimiliki akan dapat menentukan gaya belajar yang lebih sesuai sehingga lebih mudah menyerap, menyimpan, dan mengeluarkan informasi. Gaya belajar terbagi menjadi empat yaitu visual, auditory, read/write, dan kinesthetic (VARK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan mengingat ditinjau dari gaya belajar. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan kemampuan mengingat ditinjau dari gaya belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA, XD, dan XE SMA N 1 Widodaren, Ngawi yaitu sejumlah 107 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala gaya belajar dari Fleming dan tes IST sub tes 09 (ME/Merkaufgaben). Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Didapat hasil bahwa perbandingan antara mean, median, dan modus kemampuan mengingat adalah sebagai berikut: untuk gaya belajar visual Mo : Md : yaitu 129 (tinggi) : 125 (tinggi) : 119,69 (cukup tinggi). Pada gaya belajar auditory yaitu 129 (tinggi) : 124,5 (tinggi) : 118,21 (cukup tinggi. Hasil pada gaya belajar read/write yaitu 129 (tinggi) : 125 (tinggi) : 120,40 (cukup tinggi) dan kinesthetic yaitu 129 (tinggi) : 121 (cukup tinggi) : 119,00 (cukup tinggi). Hasil perbandingan tersebut menunjukkan bahwa kedudukan mean, median, dan modus sama yaitu pada kurva menceng negatif (Mo > Md > ). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan mengingat ditinjau dari gaya belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: informasi, mengingat, gaya belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Jul 2009 07:52
Last Modified: 30 May 2011 09:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3632

Actions (login required)

View Item View Item