Analisis Kinerja Perusahaan Kosmetik Pt.Mustika Ratu Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Berdasarkan Return On Assets (Roa) Dan Economic Value Added (Eva)

Nurmalita, Tita Ayu Dian and , Drs. M. Nasir, M.M. (2015) Analisis Kinerja Perusahaan Kosmetik Pt.Mustika Ratu Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Berdasarkan Return On Assets (Roa) Dan Economic Value Added (Eva). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (322kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (314kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran - Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kinerja Return On Assets (ROA), Economic Value Added (EVA), dan perbandingan kinerja ROA dan EVA pada perusahaan kosmetik PT. Mustika Ratu tbk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu memaparkan kondisi perusahaan berdasarkan data-data dari laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan perusahaan kosmetik PT. Mustika Ratu tbk (MRAT). Sampel yang diambil adalah laporan keuangan yang telah dipublikasikan tahun 2009-2013. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan PT. Mustika Ratu tbk per Desember 2009 hingga Desember 2013 yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan membandingkan kinerja ROA dan EVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kinerja keuangan ROA PT. Mustika Ratu tbk pada periode tahun 2009-2013 menunjukkan adanya peningkatan. Kinerja ROA pada periode tahun 2009-2013 termasuk kategori baik dengan rata-rata 5,56%. Artinya kemampuan perusahaan dalam memperoleh keuntungan dengan menggunakan seluruh aset sudah baik dan efektif; (2) Kinerja keuangan EVA pada PT. Mustika Ratu tbk pada tahun 2009-2013 menunjukkan nilai yang positif. Artinya manajemen mampu menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham. Namun kinerja EVA PT. Mustika Ratu tbk pada tahun 2009-2013 menunjukkan adanya penurunan; 3) Hipotesis yang menyatakan bahwa Economic Value Added (EVA) menunjukkan kinerja yang lebih baik dibandingkan Return On Assets (ROA) pada perusahaan kosmetik PT. Mustika Ratu tbk dinyatakan ditolak. Kinerja EVA menunjukkan adanya kecenderungan penurunan. Kata kunci: Kinerja, Return On Assets (ROA), Economic Value Added (EVA)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Return On Assets (ROA), Economic Value Added (EVA)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Tita Ayu Dian Nurmalita
Date Deposited: 06 Aug 2015 04:30
Last Modified: 10 Oct 2021 07:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36208

Actions (login required)

View Item View Item