KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KREATIVITAS PADA MAHASISWA

SETYANINGSIH, CITA EKA (2009) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KREATIVITAS PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100030154.pdf

Download (73kB)
[img] PDF
F100030154.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)

Abstract

Mahasiswa seorang manusia yang tidak lepas dari permasalahan. Mulai dari masalah akademik, masalah orang tua, masalah dengan teman sebaya, dan masalah dengan lingkungannya yang lain, mereka dituntut mampu memecahkan masalah. Untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik, mahasiswa harus dapat berkomunikasi dengan lancar dan mampu berkreativitas. Hal ini dikarenakan, agar mahasiswa selalu melakukan kegiatan yang positif. Hipotesis yang diambil dalam penelitian ini yaitu ada hubungan antara komunikasi interpersonal dan kreativitas dengan kemampuan masalah pada mahasiswa. Ada hubungan positif antara komunikasi interpersonal dengan kemampuan pemecahan masalah, ada hubungan positif antara kreativitas dengan kemampuan pemecahan masalah. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Hukum UNDIP semester II, IV, VI, VII tehnik sampelnya adalah clustes non random sampling dan incidental sampling. Dengan jumlah subyek keseluruhan 68 orang dengan rincian subyek II, II2, II3, IV1, IV2, VI3, VI1, VI2, VI3 masing-masing diambil 5 orang, untuk semester VII diambil secara incedental sampling dengan jumlah 15 orang. Berdasarkan hasil analisis diperoleh korelasi R sebesar 0,568 dan determinan R2 sebesar 0,322 dengan taraf signifikan p < 0,01. Analisis ini menggunakan analisis regresi 2 prediktor diperoleh koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,392 dengan p < 0,01 yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara komunikasi interpersonal dengan kemampuan pemecahan masalah, nilai koefisien (rx2y) sebesar 0,418 dengan P < 0,01 yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kreativitas dengan kemampuan pemecahan masalah. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Hasil penelitian menunjukan subyek penelitian memiliki rerata empirik pada variabel komunikasi interpersonal sebesar 83,885 dan rerata hipotetik sebesar 67,5. Hal ini menunjukkan komunikasi interpersonal yang dimiliki oleh subyek tergolong tinggi, pada variabel kreativitas diperoleh rarata empirik 57,183 dengan rarata hipotetik sebesar 55. Hal ini menunjukkan kreativitas yang dimiliki subyek tergolong sedang, variabel kemampuan pemecahan masalah diperoleh rarata empirik 74,517 dan rerata hipotetik 62,5. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah tergolong tinggi. Sumbangan efektif komunikasi interpersonal dan kreativitas dengan kemampuan pemecahan masalah adalah 32,214%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara komunikasi interpersonal dan kreativitas dengan kemampuan peemcahan masalah sehingga variabel komunikasi interpersonal dan kreativitas mencakup aspek-aspek yang ada di dalamnya dapat dijadikan sebagai prediktor untuk mengukur kemampaun pemecahan masalah pada mahasiswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah, komunikasi interpersonal, kreativitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Jul 2009 07:09
Last Modified: 30 May 2011 09:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3620

Actions (login required)

View Item View Item