Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Bercerita Dengan Boneka Wayang Pada Anak Kelompok B TK PGRI Tegalsari Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015

PUTRI, Nimas Ratu (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Bercerita Dengan Boneka Wayang Pada Anak Kelompok B TK PGRI Tegalsari Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (282kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
halaman depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)

Abstract

Bercerita adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang secara lisan kepada orang lain dengan alat atau tanpa alat tentang apa yang harus disampaikan dalam bentuk pesan,atau sebuah informasi atau hanya sebuah dongeng yang didengarkan dengan rasa yang menyenangkan karena orang yang menyampaikan cerita tersebut dapat menyampaikannya dengan menarik. Fakta yang terjadi di Taman Kanak-Kanak masih banyak yang belum melakukan kegiatan bercerita dengan media yang lebih variatif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Dalam sehari-hari pembelajaran bersifat konvensional, yang mana metode pembelajaran masih berpusat pada guru serta kurangnya sarana dan prasarana di sekolah, Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK PGRI Tegalsari Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan proses kerja 2 siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek peneliti adalah guru dan 16 anak kelompok B TK PGRI Tegalsari. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan kegiatan bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B TK PGRI Tegalsari Tahun Ajaran 2014/2015. Adapun peningkatan rata-rata prosentase kemampuan berbahasa anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni pra siklus 44,6%, siklus I 62,1%, Siklus II 85,2 %. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan terhadap kemampuan berbahasa anak dengan bercerita dengan boneka wayang di TK PGRI Tegalsari Tahun Ajaran 2014/2015

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbahasa.Bercerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Nimas Ratu Putri
Date Deposited: 04 Jan 2016 02:34
Last Modified: 04 Jan 2016 02:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36140

Actions (login required)

View Item View Item