E-Museum Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Promosi Museum Radya Pustaka

Saputro, Erlis Dwi (2015) E-Museum Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Promosi Museum Radya Pustaka. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (911kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
2. BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] PDF (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BAB V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)

Abstract

Museum Radya Pustaka merupakan museum tertua di Indonesia dengan koleksi berupa buku-buku budaya dan sejarah, kesusastran Jawa Kuno dan Belanda, Arca Batu, Wayang, Perunggu, dan koleksi benda-benda kuno lainnya. Media Promosi Museum Radya Pustaka dengan mengikuti atau menyelenggarakan event kebudayaan dan pariwisata. Media promosi menggunakan Augmented Reality merupakan media promosi interaktif. Dengan membuat E-Museum berbasis Augmented Reality museum Radya Pustaka diharapkan banyak pengunjung yang belum mengetahui atau yang sudah mengetahui museum Radya Pustaka menjadi semakin antusias dengan nilai-nilai sejarah dan tergerak untuk mengunjungi museum Radya Pustaka. Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Museum Radya Pustaka menggunakan software Blender untuk pemodelan 3 dimensi benda koleksi museum dan software Unity untuk membuat aplikasi Augmented Reality. Dalam penerapannya menggunakan ponsel pintar android dan menggunakan kamera untuk menampilkan objek 3 dimensi dari deteksi marker yang ditangkap oleh kamera. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Augmented Reality Museum Radya Pustaka (AMURA) sebagai media promosi interaktif bagi museum Radya Pustaka. Dari survei yang telah dilakukan maka akan diketahui seberapa bermanfaatnya aplikasi Augmented Reality tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Museum Radya Pustaka, Media Promosi Interaktif
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Erlis Dwi Saputro
Date Deposited: 05 Aug 2015 03:22
Last Modified: 05 Aug 2015 05:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36106

Actions (login required)

View Item View Item