Peranan Humas dalam Membina Hubungan antara Pemkab dengan Media (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Humas Setda Kabupaten Sukoharjo dalam Membina Hubungan antara SKPD dengan Media Guna Mendapatkan Citra Positif tahun 2013-2014),

Sulistyani, Poppy Nueke and , M. Toharuddin, S.Pd., MA. and , Budi Santoso, S.Sos, M.Si (2015) Peranan Humas dalam Membina Hubungan antara Pemkab dengan Media (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Humas Setda Kabupaten Sukoharjo dalam Membina Hubungan antara SKPD dengan Media Guna Mendapatkan Citra Positif tahun 2013-2014),. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
01. NASKAH PUBLIKASI 1.pdf

Download (593kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
02. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (511kB)
[img] PDF (BAB I)
03. BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] PDF (BAB II)
04. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (BAB III)
05. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] PDF (BAB IV)
06. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] PDF (pernyataan)
surat pernyataan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)

Abstract

Humas sendiri merupakan instansi vital yang dimiliki Setda Kabupaten Sukoharjo. Dimana semua pelayanan publikasi program dan perkembangan dari Pemerintah Kabupaten Sukoharjo menjadi tangungg jawab dari humas.Sesuai dengan peranannya humas juga menjadi wakil dari SKPD yang secara langsung berhubungan dengan media massa, sehingga terbentuklah hubungan timbal balik antara keduanya. Sesuai tupoksinya sebagai “jembatan komunikasi” antara SKPD dengan media massa humas dituntut dalam mengambil solusi aktif dalam menjalankan peranannya salah satunya melalui kegiatan media relations. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Humas Setda Kabupaten Sukoharjo dalam membina hubungan baik antara SKPD dengan media massa yang sebelumnya sempat merenggang karena adanya isu “wartawan bodrek”. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara terstruktur dan observasi nonpartisipan. Sumber data menggunakan purposive sampling dengan tiga orang pejabat Humas Kabupaten Sukoharjo yaitu Kabag Humas, Kasubag Pemberitaan Media Massa dan Santel, eks Kasubag Pemberitaan Media Massa dan Santel. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik validitas data yakni menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Humas Setda Kabupaten Sukoharjo telah melaksanakan perannya sebagai jembatan komunikasi bagi SKPD dengan media massa sesuai dengan tupoksi Humas sebagai instansi pemerintahan. Suksesnya Humas Setda Kabupaten Sukoharjo dalam menjalankan peranannya di tandai dengan harmonisnya hubungan anatara SKPD dengan media massa sehingga citra yang di dapatkan di masyarakat cenderung positif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Humas,Media dalam perspektif PR,Sarana pembentukan Citra
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Poppy Nueke Sulistyani
Date Deposited: 05 Aug 2015 08:31
Last Modified: 13 Oct 2021 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36094

Actions (login required)

View Item View Item