Aplikasi Augmented Reality Berbasis Sistem Operasi Android untuk Media Pembelajaran Struktur Mikroorganisme Unisel

Wichaksono, Arif Yanuar and , Helman Muhammad, S.T., M.T. (2015) Aplikasi Augmented Reality Berbasis Sistem Operasi Android untuk Media Pembelajaran Struktur Mikroorganisme Unisel. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI.pdf

Download (901kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (809kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)

Abstract

Pendapatan negara untuk produk game berbasis mobile learning semakin meningkat diberbagai negara termasuk Indonesia. Melihat perkembangan dari edugame yang semakin meningkat, para pengembang mulai membuat AR dibidang biologi. Dalam bidang biologi terdapat pelajaran yang membahas mengenai struktur mikroorganisme unisel. Sedangkan mikroorganisme unisel merupakan makhluk yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan alat bantu mikroskop. Sementara itu, dari sekian guru pengajar masih ada yang menggunakan metode pembelajaran dimana para siswa pelajar berperan pasif saat penyampaian materi. Sehingga para siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi mikroorganisme unisel dan proses belajar mengajar menjadi kurang efektif dan menarik. Oleh karena itu, diperlukan suatu aplikasi edugame mobile yang mampu menampilkan objek 3 dimensi (3D) ke dunia nyata. Penggabungan antara objek virtual dengan objek nyata, berjalan secara interaktif dan terdapat integrasi antar benda dalam 3D disebut dengan augmented reality (AR). Proses pembuatan AR adalah dimulai dari membuat bentuk 3D mikroorganisme unisel yang dalam aplikasi ini termasuk amoeba, euglena dan paramaecium dengan menggunakan software blander. Selanjutnya membuat user interface aplikasi ini agar tampil menarik dengan menggunakan software unity3D. Proses pembuatan marker dengan cara menguggah data image dan gambar marker yang akan dibuat ke website vuforia. Selanjutnya, menjalankan dengan smartphone berbasis sistem operasi android.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Mikroorganisme, Android
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Arif Yanuar Wichaksono
Date Deposited: 05 Aug 2015 01:58
Last Modified: 13 Oct 2021 06:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36062

Actions (login required)

View Item View Item