Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2013

Azizi, Nevi Nur (2015) Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (998kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (455kB)

Abstract

Para pengguna laporan keuangan membutuhkan informasi keuangan dari suatu perusahaan untuk menganalisis kondisi dan kinerjanya. Fokus penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh rasio-rasio keuangan terhadap pertumbuhan laba. Rasio ROA, NPM dan ROE adalah pengukur kemampuan untuk memprediksi pertumbuhan laba mendatang. Pertumbuhan laba pada perusahaan perbankan merupakan salah satu kinerja perusahaan yang menjadi pusat perhatian para investor. Para investor dalam menilai perusahaan tidak hanya melihat laba yang dihasilkan dalam satu periode melainkan memantau pertumbuhan laba dari tahun ketahun. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di ICMD (Indonesian Capital Market Directory) dan terdaftar Bursa Efek Indonesia periode tahun 2011-2013 yang berjumlah 41 perusahaan. Ada tiga variabel independen yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: Return on Asset (ROA), Net Profit Margin (NMP) dan Return on Equity (ROE), sedangkan Pertumbuhan Laba sebagai variabel dependen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling. Alat analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi berganda, uji asumsi klasik, uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan alat bantu program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ROA, NPM dan ROE mempunyai pengaruh terhadap pertumbuhan laba sebesar 13,5% dan sisanya sebesar 86,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model regresi penelitian ini. Sedangkan secara parsial hanya variabel ROA dan ROE yang berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. ROA menunjukkan pengaruh signifikan positif dan ROE menunjukkan pengaruh signifikan negatif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Laba, ROA, NPM, ROE.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Aug 2015 07:50
Last Modified: 04 Aug 2015 07:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36032

Actions (login required)

View Item View Item