Nilai Edukatif Dalam Novel Amelia Karya Tere-Liye Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di SMA Kelas XII

Sri Astuti, Aprilia and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd. (2015) Nilai Edukatif Dalam Novel Amelia Karya Tere-Liye Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di SMA Kelas XII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (664kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf

Download (773kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat pernyataan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan struktur, mendeskripsikan nilai edukatif, dan memaparkan implementasi dari hasil analisis nilai edukatif dalam novel Amelia karya Tere Liye sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan desain penelitian adalah analisis konten. Data yang digunakan adalah wacana berupa biografi Darwis Tere Liye, struktur yang membangun, dan nilai edukatif yang terdapat pada novel Amelia karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah pustaka, dan simak catat. Keabsahan data menggunakan triangulasi teori. Teknik Analisis data yang digunakan adalah dialektika. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Secara struktural novel Amelia bertema kesederhanaan, alur yang digunakan adalah alur maju, memiliki tiga konflik (dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat), penokohan dibagi menjadi dua yaitu tokoh utama (Amelia), tokoh tambahan (bapak, mamak, Eliana, Pukat, Burlian, Pak Bin, Nek Kiba, Wak Yati, Paman Unus, Chuck Norris, Maya, dan Tembusai), latar waktu sekitar tahun 78an, latar tempat di Kabupaten Lahat, Kecamatan Kikim Timur, Lembah Bukit Barisan, Sumatra Selatan, latar sosial novel Amelia adalah kesederhanaan masyarakat, pendidikan, kearifan penduduk dalam menyikapi kehidupan, sudut pandang menggunakan sudut pandang tokoh utama persona utama. (2) Nilai-nilai edukatif yang terdapat pada novel Amelia antara lain jujur, toleransi, penghargaan, tanggung jawab, cinta damai, peduli, dan gotong royong/kerjasama dan persatuan. (3) Hasil dari penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar di SMA kelas XII.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: novel Amelia, nilai edukatif, sosiologi sastra, implementasi sebagai bahan ajar sastra di SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Aprilia Sri Astuti
Date Deposited: 05 Aug 2015 03:48
Last Modified: 07 Oct 2021 14:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36024

Actions (login required)

View Item View Item