Strategi Komunikasi Dakwah (Strategi Komunikasi Dakwah Majelis Dzikirdan Sholawat Jamuro Surakarta)

Wibowo, Amien and , Agus Triyono, M.Si and , M. Toharuddin, S.Pd., MA. (2015) Strategi Komunikasi Dakwah (Strategi Komunikasi Dakwah Majelis Dzikirdan Sholawat Jamuro Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (613kB)
[img] PDF (halaman depan)
halaman depan.pdf

Download (572kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah)
ttd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)

Abstract

Islam merupakan agama yang mengajak kepada umat manusia untuk bertauhid kepada Allah. Dalam setiap seruannya, dapat dilaksanakan dengan berbagai cara, sehingga umat menjadi mengerti dan paham akan pesan agama Islam yang disampaikan. Ajakan tersebut bersifat kedamaian penuh dengan ketentraman, dengan rasa kasih sayang, tanpa ada gejolak terhadap umat pada umumnya. Kemajuan teknologi juga mempengaruhi metode dakwah, penggunaan media film, internet dan cara-cara yang bersfiat modern. Sehingga dakwah dengan konsep tradisional seakan tenggelam dengan adanya kemajuan teknologi dalam berdakwah. Jamaah Muji Rosul (JAMURO) Surakarta merupakan komunitas pengajian majelis dzikir dan sholawat yang masih menggunakan konsep tradisional. Konsep dakwah JAMURO membuat daya tarik tersendiri untuk diikuti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi dakwah yang diterapkan Jamuro dalam setiap dakwah Islam yang dilakukannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan 5 informan, 3 dari perwakilan pengurus Jamuro dan 2 perwakilan dari Jamaah Jamuro. penelitian ini dilakukan dengan observasi secara langsung, wawancara, dan penggalian dari buku-buku, dokumen-dokumen dari JAMURO dan dokumen liputan media massa. Validitas dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan strategi komunikasi dakwah JAMURO dengan menentukan khalayak, penggunaan media, komunikator, dan penentuan pesan. Khalayak yang ingin dicapai oleh JAMURO adalah umat Islam pada khususnya, dan masyarakat Kota Solo pada umumnya. Media yang digunakan dengan komunikasi tatap muka atau secara langsung, media cetak, dan media radio. Komunikator dalam strategi komunikasi dakwah JAMURO adalah pendakwah yang berasal dari JAMURO yang memiliki kemampuan dalam bidang dakwah Islam. memiliki tujuan untuk mempertahankan budaya membaca sholawat, dzikir dan tahlil di masyarakat. Mengenalkan budaya membaca sholawat Nabi kepada masyarakat pada umumnya dan umat Islam pada khususnya

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Jamuro, Komunikasi Dakwah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Amien Wibowo
Date Deposited: 05 Aug 2015 02:30
Last Modified: 13 Oct 2021 06:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35975

Actions (login required)

View Item View Item