PEngenalan Alat Musik Gamelan Secara 3d Berbasis Augmented Reality Dengan Teknik Markerless Menggunakan Media Buku

Bakhtiar, Doni Nuryanto (2015) PEngenalan Alat Musik Gamelan Secara 3d Berbasis Augmented Reality Dengan Teknik Markerless Menggunakan Media Buku. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
Surat Pernyataan Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)

Abstract

Gamelan adalah salah satu jenis permainan orkestra musik tradisional asli Indonesia. Generasi muda sekarang cenderung lebih suka mempelajari musik modern dibanding musik daerahnya sendiri. Salah satu penyebabnya adalah kurang atraktifnya media pembelajaran alat musik gamelan saat ini. Untuk itu, perlu adanya media pembelajaran yang menarik agar generasi muda tertarik untuk mengenal dan mempelajari alat musik gamelan, salah satunya yaitu menggunakan teknologi Augmented Reality. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan teknologi Augmented Reality pada aplikasi yang berbasis mobile android sebagai pengenalan alat musik gamelan sehingga generasi muda tertarik untuk mempelajari alat musik gamelan. Dan dalam aplikasi ini disertakan juga buku yang berisi marker dan informasi dari masing-masing alat musik gamelan. Pembuatan aplikasi menggunakan software Unity3D dan Vuforia SDK dalam membangun Augmented Reality, dan software Blender dalam pembuatan objek 3 dimensinya. Dalam aplikasi ini juga disertakan kuis guna menambah pemahaman pengguna dalam mengenal alat musik gamelan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa 89% responden menyatakan aplikasi mudah dioperasikan atau dimainkan, 79% responden menyatakan Tata letak tampilan aplikasi menarik, 95% responden menyatakan materi pada aplikasi mudah dipelajari, 82% responden menyatakan aplikasi dapat membantu belajar dalam mengenal alat musik gamelan, 90% responden menyatakan Objek 3D yang dibuat menarik, dan 93% responden menyatakan Aplikasi dapat meningkatkan keinginan untuk mempelajari alat musik gamelan. Dengan demikian tujuan dari penilian ini tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Gamelan, Markerless, Unity3D
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: DONI NURYANTO BAKHTIAR
Date Deposited: 04 Aug 2015 06:17
Last Modified: 05 Aug 2015 05:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35967

Actions (login required)

View Item View Item