Komodifikasi Budaya Pada Tayangan Televisi (Studi Analisis Wacana Pada Tayangan Ngunduh Mantu Raffi Dan Nagita Di Rcti, 30 Desember 2014)

Setyawati, Andarsiwi Aprilia (2015) Komodifikasi Budaya Pada Tayangan Televisi (Studi Analisis Wacana Pada Tayangan Ngunduh Mantu Raffi Dan Nagita Di Rcti, 30 Desember 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (970kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. halaman depan.pdf

Download (914kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
08. Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)

Abstract

Andarsiwi Aprilia Setyawati, L100100021, Komodifikasi Budaya pada Tayangan Televisi (Studi Analisis Wacana Pada Tayangan “Ngunduh Mantu Raffi dan Nagita” di RCTI pada 30 Desember 2014), Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015. Pada akhir tahun 2014, dunia pertelevisian Indonesia diramaikan dengan tayangan serangkaian acara pernikahan artis papan atas di Indonesia, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Acara-acara tersebut menjadi ajang lomba berbagai media untuk dapat menyiarkannya secara langsung. Mulai dari persiapan, akhad nikah, hingga resepsi yang digelar diberbagai tempat dan dengan berbagai konsep. Ketenaran keduanya menjadi salah satu sumber penting ketika media menampilkan sebuah tayangan karena akan menjadi perhatian khalayak dan menarik untuk diteliti. Salah satu yang menarik adalah tayangan “Ngunduh Mantu Raffi dan Nagita” di RCTI pada 30 Desember 2014. Ngunduh mantu adalah salah satu acara tradisional yang merupakan bagian dari acara pernikahan. Namun pada tayangan ini ritual ngunduh mantu telah dimodifikasi dengan budaya modern. Penelitian ini berusaha mengungkap bentuk-bentuk dan upaya komodifikasi yang dilakukan oleh RCTI. Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana kritis model Teun A van Dijk. Analisis wacana kritis van Dijk dilakukan dalam tiga tahap yaitu analisis teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam tayangan ini telah terjadi komodifikasi isi. Komodifikasi isi terjadi melalui pengemasan dan penampilan budaya-budaya modern yang dipadukan dengan budaya-budaya modern. Hal ini dapat diamati dari upaya-upaya yang dikerahkan kru RCTI untuk tetap menayangkan acara tersebut, meskipun tayangan-tayangan pernikahan Raffi dan Nagita sebelumnya telah menuai teguran dari KPI. Hasil studi ini dapat memperkaya kajian komodifikasi dan teori ekonomi politik media secara umum. Komodifikasi mengindikasikan bahwa sebuah tayangan televisi tidak hanya berorientasi pada kepentingan publik, melainkan juga pada kepentingan ekonomi media.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi, budaya, ekonomi politik media
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Andarsiwi Aprilia Setyawati
Date Deposited: 05 Aug 2015 05:48
Last Modified: 05 Aug 2015 05:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35931

Actions (login required)

View Item View Item