ANALISIS EFISIENSI DISTRIBUSI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (Studi kasus pada PT. Aksara SoloPos di Solo)

MISKI, ATIROTUL (2009) ANALISIS EFISIENSI DISTRIBUSI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (Studi kasus pada PT. Aksara SoloPos di Solo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D600040069.pdf

Download (60kB)
[img] PDF
D600040069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)

Abstract

Setiap produsen menghendaki adanya peningkatan penjualan dan pendapatan. Bila mereka menghendaki penjualan hasil produknya berhasil, para produsen harus aktif berperan serta dalam proses distribusi hingga produk sampai ke tangan konsumen. Oleh karena itu , produsen hendaknya dapat meningkatkan efisiensi dari setiap wilayah distribusi pemasarannya agar dapat mencapai target pasar yang telah ditentukan. Bila suatu perusahaan memiliki sistem saluran distribusi yang cukup potensial maka perusahaan itu akan dapat menguasai pasar, karena hasil produksi perusahaan tersebut dapat menyebar secara luas. PT. Aksara SoloPos merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penerbitan surat kabar. Perusahaan ini memiliki perolehan laba bervariasi dari setiap saluran distribusi yang dimiliki. Hal ini menyebabkan perolehan laba dari perusahaan ini kurang optimal dan perlu adanya penentuan saluran distribusi yang paling efektif yaituyang memiliki volume penjualan paling tinggi dengan pencapaian laba yang optimal, sehingga nantinya bisa dijadikan sebagai acuan untuk memperbaiki saluran wilayah distribusi yang inefisien menjadi efisien. Pada penelitian ini digunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA), karena DEA merupakan metode pembanding yang mampu menganalisa tingkat efisiensitas dari beberapa daerah distribusi pemasaran yang setaraf atau selevel, dengan menggunakan masing-masing input output yang dimiliki. Berdasarkan hal tersebut maka akan dapat diketahui daerah distribusi mana yang seharusnya bisa lebih ditingkatkan efisiensi pemasarannya, dan cara atau langkah apa yang harus ditempuh. Dari 9 Decision Making Units (DMU) yang diolah didapatkan hasil bahwa terdapat 4 (empat) Daerah Distribusi Pemasaran yang mempunyai tingkat efisiensi yang sempurna (TE=1), yaitu daerah Solo, Wonogiri, Sukoharjo, Purwodadi. Dan terdapat 5 (lima) daerah distribusi pemasaran yang inefisiensi atau tidak efisien (Te<1), yaitu daerah Boyolali, Klaten, Sragen, Karanganyar dan daerah lain yang meliputi jakarta, Ngawi & Madiun, Pacitan, Magelang, Yogyakarta dan Semarang). Kata Kunci : Data Envelopment Analysis (DEA), Decision Making Units, Efisiensi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ata Envelopment Analysis (DEA), Decision Making Units, Efisiensi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 16 Jul 2009 07:52
Last Modified: 25 Nov 2010 03:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3591

Actions (login required)

View Item View Item