Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran IPS SMP Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Permasalahan Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulangannya

Wijaya, Yhosidana Danang and , Drs. Suharjo, M.S (2015) Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran IPS SMP Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Permasalahan Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulangannya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Artikel Publikasi Perbaikan.pdf

Download (986kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
1. Halaman Depan Perbaikan.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengatasi kesenjangan antara bahan ajar (Buku) yang ideal yang dibutuhkan pembelajaran dengan kondisi bahan ajar yang real dilapangan yang belum memenuhi kebutuhan pembelajaran, khususnya dalam pokok bahasan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang sesuai dan layak digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Devolepment (R n D), dengan model Dick and Carey. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cepogo, Guru IPS kelas VIII, ahli isi materi bahan ajar dan ahli desain bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (Bahan Ajar) terdapat perbedaan yaitu pretes mendapatkan nilai 61,02 dan posttest mendapatkan nilai 71,11 dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Sementara, kelas kontrol tanpa perlakuan mendapatkan nilai 64,08 dan posttest mendapatkan nilai 66, 32 dengan probabilitas 0,70. Hasil uji statistik yang dilakukan antara nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol mendapatkan nilai probabilitas 0,019 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar setelah mendapat perlakuan produk pengembangan bahan ajar pada pembelajaran permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar dan hasil belajar siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Yhosidana Danang Wijaya
Date Deposited: 03 Aug 2015 06:27
Last Modified: 11 Oct 2021 05:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35814

Actions (login required)

View Item View Item