PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH AL-FIRDAUS DESA MENDUNGAN KEC. KARTASURA-SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2008/2009

NAHDI, MAZIR NASER (2009) PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH AL-FIRDAUS DESA MENDUNGAN KEC. KARTASURA-SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000060080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img]
Preview
PDF
G000060080.pdf

Download (45kB)

Abstract

Seiring dengan bertambah besarnya perhatian umat Islam terhadap pendidikan anak dan juga bertambahnya kebebasan dalam mendirikan sekolah Islam, maka pada akhir tahun 1993 mulai bermunculan sekolah-sekolah Islam terpadu yang mendapatkan sambutan cukup besar dari masyarakat. Lembaga-lembaga pendidikan ini ikut berpartisipasi membantu orang tua dalam mengajarkan serta menanamkan aqidah akhlak Islam kepada anak-anak mereka. Banyaknya lembaga pendidikan Islam yang berdiri, mungkin saja setiap ormas atau yayasan yang mengelolanya, menggunakan metode pembelajaran yang berbeda sesuai dengan kondisi masing-masing. Penggunaan metode pembelajaran ini sangat penting, karena pembelajaran tidak hanya menekankan pada apa yang diajarkan tetapi juga bagaimana mengajarkannya. Agar mengena, maka semua metode pembelajaran tepat untuk semua waktu, kondisi dan bidang. Untuk ini penulis berusaha meneliti metode pembelajaran aqidah akhlak pada salah satu Sekolah Menengah Al Firdaus Sukoharjo tahun ajaran 2008/2009. Berdasarkan uraian tersebut, permasalahan-permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode active learning pada pembelajaran aqidah akhlak yang diterapkan di Sekolah Menengah Al Firdaus Sukoharjo? Berkaitan dengan masalah yang telah dirumuskan di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui metode pembelajaran aqidah akhlak yang diterapkan di Sekolah Menengah Al Firdaus Sukoharjo. Dari tujuan di atas, diharapkan penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk: menambah informasi bagi pengembangan ilmu pendidikan Islam, serta memberikan kontribusi positif bagi Sekolah Menengah Al Firdaus Sukoharjo dalam mengembangkan metode pembelajaran yang sedang dan akan diterapkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan (field research), objek penelitian ini adalah guru aqidah akhlak dan kepala Sekolah Menengah Al Firdaus. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan kualitatif deskriptif (penelitian yang menghasilkan kata-kata tulisan atau lisan). Penelitian ini menyimpulkan bahwa, selain menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran aqidah akhlak. Di Sekolah Menengah Al Firdaus juga menggunakan metode tanya-jawab, cerita, penugasan, dan diskusi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ACTIVE LEARNING AQIDAH AKHLAK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 16 Jul 2009 07:10
Last Modified: 16 Nov 2010 13:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3581

Actions (login required)

View Item View Item