PENGELOLAAN KELAS DI MADRASAH ALIYAH AL IRSYAD TENGARAN TAHUN AJARAN 2007/2008

Rustoni, Rustoni (2009) PENGELOLAAN KELAS DI MADRASAH ALIYAH AL IRSYAD TENGARAN TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000060069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img]
Preview
PDF
G000060069.pdf

Download (159kB)

Abstract

Sekolah adalah sebagai organisasi kerja terdiri dari beberapa kelas, baik bersifat paralel maupun yang menunjukan perjenjangan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan tempat mendidik siswa di kelas tentang ilmu pengetahuan umum dan agama. Proses belajar mengajar di kelas pada dasarnya merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan guru dan siswa untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan bisa dicapai salah satunya di bawah pola pengelolaan yang solid, efektif dan efisien. Madrasah Aliyah Al Irsyad Salatiga adalah salah satu lembaga pendidikan menengah berchiri khas Agama Islam yang menawarkan model kurikulum dan sistem pembelajaran pesantren modern. Dengan MBS, kurikulum menyatu dengan keIslaman, tenaga pengajar yang profesional dalam bidangnya, pengelolaan kesiswaan yang sesuai dengan kebutuhan anak didik, pengelolaan gedung dan kelas yang memadai, kondisi yang evektif dan efisien bagi kelangsungan KBM. Rumusan masalah ini adalah tentang bagaimana di Madrasah Aliyah Al Irsyad Tengaran, dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengelolaan kelas di MA Al Irsyad Tengaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kelas di MA AL Irsyad salatiga yang berbasisi keislaman pada tahun 2007/2008 dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengelolaan kelas di MA AL Irsyad Salatiga. manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan teoritik bagi pengembangan disiplin ilmu bagi guru, usaha yang dilakukan MA AL Irsyad Salatiga dalam mengelola kelas serta sebagai tolak ukur sekolah mengetahui sejauh mana keberhasilan pengelolaan kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan (field research). Objek penelitian adalah data primer berupa penilitian buku-buku perpustakaan, tulisan ilmiyah, administrasi dan kinerja mengajar. Data skunder berupa penelitian gedung/kelas, kepala sekolah, guru/wali kelas , kurikulum, kesiswaan, kondisi kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan kualitatif deskriptif (penelitian yang menghasilkan kata-kata tulisan atau lisan) untuk menganalisa faktor pendukung dan penghambat digunakan analisis SWOT ( strength, weaknes, opportunity, treath) Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Pelaksanaan pengelolaan kelas Madrasah Aliyah Al Irsyad Salatiga telah berjalan cukup baik, hal ini terbukti dari tingkat kelulusan yang baik, tercapainya tujuan pembelajaran bahasa Arab, usaha yang sungguh-sungguh untuk meningkatkan mutu/kualitas kelas yang meliputi pengelolaan yang berkaitan dengan kurikulum, sarana dan prasarana kelas, guru, siswa, serta dinamika/kondisi kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kurikulum, sarana kelas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 16 Jul 2009 02:59
Last Modified: 16 Nov 2010 13:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3580

Actions (login required)

View Item View Item