Minat Memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi Ditinjau Dari Minat Menjadi Guru Dan Persepsi Peluang Kerja

Liawati, Sri and , Drs. Joko Suwandi, S.E., M.Pd (2015) Minat Memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi Ditinjau Dari Minat Menjadi Guru Dan Persepsi Peluang Kerja. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (988kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (576kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh minat menjadi guru terhadap minat memilih program studi pendidikan akuntansi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2014/ 2015; 2) Pengaruh persepsi peluang kerja terhadap minat memilih program studi pendidikan akuntansi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2014/2015; 3) Pengaruh minat menjadi guru dan persepsi peluang kerja terhadap minat memilih program studi pendidikan akuntansi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2014/ 2015. Jenis penelitian ini, asosiatif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi penelitian adalah mahasiswa FKIP akuntansi UMS angkatan 2014/2015sebanyak 237 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 60 mahasiswa dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan regresi: Y=20,092+0,286X1+0,439X. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, kesimpulan yang diambil adalah: 1) Minat menjadi guru berpengaruh positif terhadap minat memilih program studi pendidikan akuntansi. Hal ini terbukti dari hasil regresi yang memperoleh nilai thitung>ttabel, yaitu 4,799 > 2,002 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan sumbangan efektif 29,4%; 2) Persepsi peluang kerja berpengaruh positif terhadap minat memilih program studi pendidikan akuntansi. Hal ini terbukti dari hasil regresi yang memperoleh nilai thitung>ttabel, yaitu 3,642 > 2,002 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dengan sumbangan sumbangan efektif sebesar 19,4%; 3) Minat menjadi guru dan persepsi peluang kerja berpengaruh positif terhadapminat memilih program studi pendidikan akuntansi. Hal ini terbukti dari hasil regresi yang memperoleh Fhitung> Ftabelyaitu 27,154 > 3,159 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; 4) Pengaruh Minat menjadi guru dan persepsi peluang kerja terhadap minat memilih program studi pendidikan akuntansi memberikan sumbangan efektif sebesar 48,8%, sedangkan sisanya 51,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi (Y), Minat Menjadi Guru (X_1), dan Persepsi Peluang Kerja (X_2).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Sri Liawati
Date Deposited: 03 Aug 2015 06:20
Last Modified: 12 Oct 2021 02:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35758

Actions (login required)

View Item View Item