Profesionalisme Guru Ditinjau Dari Kompetensi Guru Dan Sertifikasi Guru Di SMA Negeri Se-Kabupaten Boyolali Tahun 2014/2015

Berlyana, Mela Dewi Putri and , Dr. Suyatmini, SE, M.Si (2015) Profesionalisme Guru Ditinjau Dari Kompetensi Guru Dan Sertifikasi Guru Di SMA Negeri Se-Kabupaten Boyolali Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (512kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
1.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (643kB)
[img] PDF (BAB I)
2.BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] PDF (BAB II)
3.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (BAB III)
4.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] PDF (BAB IV)
5.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (BAB V)
6.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
8.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh kompetensi guru terhadap profesionalisme guru di SMA Negeri Se-Kabupaten Boyolali Tahun 2014/2015; 2) Pengaruh sertifikasi guru terhadap profesionalisme guru di SMA Negeri Se-Kabupaten Boyolali Tahun 2014/2015; 3) Pengaruh kompetensi guru dan sertifikasi guru terhadap profesionalisme guru di SMA Negeri Se-Kabupaten Boyolali Tahun 2014/2015. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Sampel penelitian sebanyak 100 guru. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda, uji t, uji F, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan: Y= 4,974+0,280 X1+0,274X2. Uji t pertama memperoleh thitung > ttabel yaitu 4,513 > 1,983 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan sumbangan efektif 20,68%. Uji t kedua memperoleh thitung>ttabel yaitu 2,935> 1,983 dan nilai signifikansi 0,004 < 0,05 dengan sumbangan efektif sebesar 11,05%. Uji F memperoleh Fhitung> Ftabel yaitu 22,535 > 3,087 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Uji R2 diperoleh hasil sebesar 0,317. Kesimpulan: 1) Kompetensi guru berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru di SMA Negeri Se-Kabupaten Boyolali Tahun 2014/2015; 2) Sertifikasi guru berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru di SMA Negeri Se-Kabupaten Boyolali Tahun 2014/2015; 3) Kompetensi guru dan sertifikasi guru berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru di SMA Negeri Se-Kabupaten Boyolali Tahun 2014/2015. Besarnya pengaruh kompetensi guru dan sertifikasi guru sebesar 31,7%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme guru, kompetensi guru dan sertifikasi guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: MELA DEWI PUTRI B
Date Deposited: 03 Aug 2015 02:53
Last Modified: 12 Oct 2021 02:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35757

Actions (login required)

View Item View Item