Persepsi Mahasiswa Terhadap Kontribusi HMP PGSD Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta

Darusman, Bondan and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Persepsi Mahasiswa Terhadap Kontribusi HMP PGSD Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (443kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (548kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) persepsi mahasiswa terhadap kontribusi organisasi HMP PGSD dalam mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, (2) kendala-kendala yang terjadi pada organisasi HMP PGSD dalam mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. (3) solusi yang dilakukan oleh organisasi HMP PGSD dalam mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah pengurus HMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah reduksi data, menampilkan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi HMP PGSD memberikan peran kepada mahasiswa PGSD dalam mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis. Kontribusi yang diperoleh dari HMP PGSD diimplementasikan mahasiswa ketika pembelajaran perkuliahan, sehingga kemampuan berpikir kritis mahasiswa bisa lebih optimal. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) ternyata organisasi HMP PGSD memberikan kontribusi terhadap pengoptimalan kemampuan berpikir kritis mahasiswa yaitu melalui kegiatan yang telah dilakukan HMP, antara lain: seminar nasional, study club, sekolah pembicara, lomba debat mahasiswa, kegiatan penelitian, anjang sana (studi banding), dan public speaking. Dimana kegiatan tersebut bisa dikaitkan dalam perkuliahan (2) kendala yang di alami dan sering terjadi di HMP dalam pengkontribusiannya, antara lain: anggota HMP yang pasif, masalah waktu yang kurang sesuai dan berbenturan dengan jadwal perkuliahan, seleksi alam, faktor keluarga, terlalu sibuk dengan aktivitas lain, rasa tanggung jawab yang dirasa masih kurang, perselisihan antara anggota dan pengurus (3) solusi yang di berikan HMP PGSD jika menemui berbagai kendala yaitu antara lain: pembagian waktu, komunikasi antara pengurus dan aggota HMP, membuat kegiatan baru, kemudian menerapakan sooft kill yang di peroleh dari pengalaman saat di HMP saat proses perkuliahan maupun di HMP seperti: publick speaking, anjangsana (studi banding), lomba debat dan study club. Kata kunci : Berpikir Kritis, HMP, Kontribusi, Persepsi, PGSD.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, HMP, Kontribusi, Persepsi, PGSD.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: BONDAN DARUSMAN
Date Deposited: 03 Aug 2015 03:03
Last Modified: 12 Oct 2021 16:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35656

Actions (login required)

View Item View Item