Analisis Kualitas Pelayanan Akademik Dan Ketersediaan Sarana Akademik Biro Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2015

RAKASIWI, Lusi (2015) Analisis Kualitas Pelayanan Akademik Dan Ketersediaan Sarana Akademik Biro Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (6MB)
[img] PDF (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] PDF (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (BAB V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
1. SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2) Pengaruh Sarana Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. 3) Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik dan Sarana Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang berjumlah 24.000. Sampel diambil sebanyak 268 dengan menggunakan rumus tabel kesalahan 10%. Teknik yang digunakan merupakan teknik sampel nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analis regresi linier berganda, uji multikolinearitas, uji t dan uji f, selain itu juga dilakukan perhitungan sumbangan relatif (SR) dan sumbangan efektif (SE). Hasil analisis regresi linier berganda sebagai berikut : Y = Y= 7,300 + 0,367. X1 + 0,459. X2 yang artinya kepuasan mahasiswa dipengaruhi oleh kualitas pelayanan akademik dan sarana akademik. Pada angka 7,300, berarti jika tidak ada kualitas pelayanan akdemik dan sarana akademik, maka kepuasan mahasiswa akan sama dengan 7,300, jika skor kualitas pelayanan meningkat satu poin maka skor kepuasan mahasiswa akan meningkat 0,367 (dengan asumsi variabel sarana akademik dianggap konstan) dan jika skor sarana akademik meningkat satu poin maka skor kepuasan mahasiswa akan meningkat 0,459 (dengan asumsi variabel kualitas pelayanan dianggap konstan). Kesimpulan penelitian ini adalah, 1) Ada pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,400 > 1,969 dan nilai signifikansi < 0,5 yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh positif sarana akademik terhadap kepuasan mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,573 > 1,968 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh positif antara kualitas pelayanan akademik dan sarana akademik terhadap kepuasan mahasiswa. Berdasarkan uji F diperoleh fhitung > ftabel yaitu 216,672 > 3,030 nilai signifikansi < 0,5 yaitu 0,000. 4) Variabel tentang kualitas pelayanan memberikan sumbangan relatif sebesar 53% dan sumbangan efektif 7,9%. Variabel sarana akademik memberikan sumbangan relatif 73,6% dan sumbangan efektif 54,2%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel sarana akademik memiliki kontribusi yang lebih tinggi terhadap kepuasan mahasiswa dibandingkan variabel kualitas pelayanan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepuasan mahasiswa, kualitas pelayanan akademik dan sarana akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Lusi Rakasiwi
Date Deposited: 03 Aug 2015 06:34
Last Modified: 03 Aug 2015 06:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35600

Actions (login required)

View Item View Item