Penggunaan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII A MTs Muhammadiyah Blimbing Polokarto Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015

Albana, Seif Rifki (2015) Penggunaan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII A MTs Muhammadiyah Blimbing Polokarto Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Artikel Publikasi.pdf

Download (499kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab VI)
09. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)

Abstract

Masa Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) adalah masa bagi seorang siswa untuk mencari jati dirinya. Pada masa inilah siswa mudah merasa bosan, malas, dan kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran, menyebabkan menurunnya prestasi belajar siswa. Sebagai seorang guru banyak hal yang dapat dilakukannya untuk menghilangkan rasa bosan, malas, dan memacu motivasi belajar siswa sehingga siswa dapat meraih prestasi belajar yang baik. Selain adanya penerapan metode pembelajaran yang bervariasi, hal lain yang dapat mempengaruhi prsetasi belajar siswa adalah pengoptimalan penggunaan media pembelajaran untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Dengan media pembelajaran yang menarik siswa akan mudah mengingat dan menyerap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Karena proses pembelajaran Aqidah Akhlak yang selama ini lebih menekan pada metode hafalan terbukti tidak efektif. Karena peserta didik hanya mampu menguasai materi pembelajaran tetapi tidak bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Disinilah sangat diperlukannya media pembelajaran yang menarik minat siswa untuk belajar. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran dan bagaimaana upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII A di MTs Muhammadiyah Blimbing Polokarto Sukoharjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran dan upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII A di MTs Muhammadiyah Blimbing Polokarto Sukoharjo. Adapun manfaat penelitian ini adalah memberikan sumbangan pada proses pembelajaran dalam peningkatan prestasi siswa. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan subjek penelitian adalah guru Aqidah Akhlak dan objek penelitian media pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yaitu induktif. Kesimpulan bahwa Media Pembelajaran yang digunakan oleh guru Aqidah Akhlak di MTs Muhammadiyah Blimbing Polokarto Sukoharjo adalah melalui media Visual, media audio, dan media audio-visual. Penggunaan media pembelajaran di MTs Muhammadiyah Blimbing Polokarto Sukoharjo sudah maksimal, dalam meningkatkan semangat belajar dan prestasi siswa. Adapun upaya yang dilakukan yaitu melalui meningkatkan aspek jasmani, peningkatan aspek rohani, peningkatan kondisi intelektual, dan peningkatan kondisi sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Seif Rifqi Albana
Date Deposited: 30 Jul 2015 03:59
Last Modified: 30 Jul 2015 03:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35574

Actions (login required)

View Item View Item