Implementasi Karakter Disiplin Dan Kerja Keras Pada Anak Pedagang Kaki Lima Di Desa Kebun Kelapa Kecamatan Cepu Kabupaten Blora

PRAMITASARI, Norisa and , Agus Prasetyo, S.Pd, M.P. (2015) Implementasi Karakter Disiplin Dan Kerja Keras Pada Anak Pedagang Kaki Lima Di Desa Kebun Kelapa Kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (287kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (924kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)

Abstract

IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN DAN KERJA KERAS PADA ANAK PEDAGANG KAKI LIMA DI DESA KEBUN KELAPA KECAMATAN CEPU KABUPATEN BLORA Norisa Pramitasari, A 220 110 017, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015, xviii+229 halaman (termasuk lampiran) Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan a)implementasi karakter disiplin pada anak seorang pedagang kaki lima di Desa Kebun Kelapa Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, b) implementasi karakter kerja keras pada anak pedagang kaki lima di Desa Kebun Kelapa Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, c) kendala dan solusi dalam implementasi karakter disiplin pada anak pedagang kaki lima di Desa Kebun Kelapa Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, d) kendala dan solusi dalam implementasi karakter kerja keras pada anak pedagang kaki lima di Desa Kebun Kelapa Kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus tunggal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik guna menguji validitas data. Teknik analisis data yang digunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa anak pedagang kaki lima di Desa Kebun Kelapa Kecamatan Cepu Kabupaten Blora menerapkan karakter disiplin dengan mematuhi peraturan, mentaati waktu, dan mematuhi tata tertib. Anak pedagang kaki lima menerapkan karakter kerja keras dengan sikap anak yang memiliki prakarsa, tekun dan rajin, penetapan atau perencanaan yang matang, serta kecerdikan atau kecerdasan. Kendala serta solusi yang diterapkan dalam implementasi karakter disiplin adalah anak membantah (tidak mau dinasehati), solusinya memberi motivasi. Anak malas, solusinya melawan rasa malas. Pekerjaan dari sekolah yang menumpuk, solusinya orang tua memberi semangat. Anak merasa dinasehati berlebihan, solusinya lebih banyak sharing dengan orang tua. Kendala serta solusi yang diterapkan dalam implementasi kerja keras adalah anak merasa disalahkan, solusinya anak lebih menyadari posisinya. Anak malas, solusinya melawan rasa malas. Anak tidak mempunyai kesadaran melaksanakan kewajiban,solusinya orang tua menasehati serta memberi arahan kepada anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter disiplin, karakter kerja keras, anak pedagang kaki lima
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Norisa Pramitasari
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:22
Last Modified: 06 Oct 2021 12:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35566

Actions (login required)

View Item View Item