PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ASISTENSI (ASSISTED LEARNING)(Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII E Sekolah Menengah Pertama 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar)

SARI, DEVINA ARIA (2009) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ASISTENSI (ASSISTED LEARNING)(Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII E Sekolah Menengah Pertama 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310040021.PDF

Download (24MB)
[img]
Preview
PDF
A310040021.pdf

Download (65kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Assisted learning mempunyai peran yang sangat penting bagi perkembangan kognitif individu. Perkembangan kognitif terjadi melalui interaksi dan percakapan seorang anak dengan lingkungan sekitarnya, baik dengan teman sebaya, orang dewasa atau orang lain dalam lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar membaca mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Pelajaran 2007/2008 melalui model pembelajaran asistensi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peneliti sendiri, guru bahasa Indonesia yaitu Ibu Rominah dan siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran dengan metode pembelajaran asistensi mampu meningkatkan motivasi anak untuk gemar membaca sebesar 46,6% dan 1,5% atau rata-rata meningkat 24 %. Dengan melihat antusiasme anak dalam membaca menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode pembelajaran asistensi mampu meningkatkan motivasi anak untuk gemar membaca dengan peningkatan 24% perbulan. Peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus awal terhadap siklus akhir menunjukkan peningkatan sebesar 10% dan 8% atau rata-rata 9%. Kesimpulan yang diperoleh dalam peneltian ini adalah sebagai berikut: (1) Penerapan metode assistensi meningkatkan minat terhadap pelajaran membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2007/2008 sebesar 24% dan (2) Prestasi belajar membaca siswa dengan pemberian metode asistensi pada siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar Tahun pelajaran 2007/2008 meningkat sebesar 9%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, asistensi, prestasi siswa meningkat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Jul 2009 07:35
Last Modified: 24 Oct 2011 04:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3553

Actions (login required)

View Item View Item