Implementasi Karakter Mandiri Dan Kerja Keras Dalam Masyarakat (Studi Kasus Pada Gabungan Kelompok Tani Ngudi Subur II Dusun Pandakan, Desa Blorong, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar Tahun 2015)

Rokhana, Mahrifatu and , Dra. Sundari, SH. M.Hum. (2015) Implementasi Karakter Mandiri Dan Kerja Keras Dalam Masyarakat (Studi Kasus Pada Gabungan Kelompok Tani Ngudi Subur II Dusun Pandakan, Desa Blorong, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar Tahun 2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammaiyah Surakarta.

[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (836kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PENYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi karakter mandiri dan kerja keras dalam masyarakat (studi kasus pada Gabungan Kelompok Tani Ngudi Subur II Dusun Pandakan, Desa Blorong, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar Tahun 2015). Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan yaitu ketua dan anggota kelompok tani Ngudi Subur II. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan mengkaji dokumen. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu melalui triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Analisis data yang digunakan yaitu model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi karakter mandiri dan kerja keras pada kelompok tani Ngudi Subur II yaitu melakukan pekerjaan dengan sendiri itu mampu mendapatkan hasil yang maksimal serta dapat menghemat pengeluaran biaya dan petani dalam melakukan apapun yang dikerjakan itu memiliki keyakinan yang kuat serta bertanggung jawab terhadap satu hal yaitu bekerja. Hambatan implementasi karakter mandiri dan kerja keras yaitu tanggung jawab pekerja ketika bekerja belum sepenuhnya dilaksanakan dan serangan hama yang menyebabkan kerugian petani. Solusi implementasi karakter mandiri dan kerja keras pada kelompok tani Ngudi Subur II yaitu bekerjasama antar petani, selain itu juga memeriksa alat bercocok tanam serta saling bergotong royong membantu satu sama lain sehingga pekerjaan dapat terselesaikan tepat waktu. Hal lain juga perlunya pengarahan khusus tentang kegiatan pertanian ini, supaya petani dapat saling berbagi informasi satu sama lain. Kata Kunci: karakter mandiri, kerja keras, dan petani

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter mandiri, kerja keras, dan petani
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: mahrifatu rokhana
Date Deposited: 30 Jul 2015 01:10
Last Modified: 06 Oct 2021 12:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35514

Actions (login required)

View Item View Item