HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN HARDINESS DENGAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS PADA GURU SMA MUHAMMADIYAH SUSUKAN SEMARANG DAN SMA MUHAMMADIYAH SALATIGA

Pratiwi, Anik (2008) HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN HARDINESS DENGAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS PADA GURU SMA MUHAMMADIYAH SUSUKAN SEMARANG DAN SMA MUHAMMADIYAH SALATIGA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
F100030097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses yang sangat panjang, dimana berbagai aspek yang tercakup dalam proses saling erat berkaitan satu sama lain dan bermuara pada terwujudnya manusia yang memiliki nilai hidup, pengetahuan dan keterampilan. Sekolah merupakan salah satu tempat dilaksanakan proses pendidikan, proses pendidikan melibatkan interaksi antara guru dengan siswa yang lebih dikenal sebagai kegiatan belajar mengajar.Guru merupakan salah satu instrumen yang penting dalam proses pendidikan, proses belajar mengajar akan berjalan baik apabila guru mempunyai kemampuan pengelolaan kelas dengan baik. Kemampuan pengelolaan kelas akan menjadi sederhana untuk dilakukan apabila guru memiliki kepribadian hardiness, karena dengan kepribadian hardiness guru akan tetap tegar, ada kekuatan, dan tetap tabah, sehingga akan memaksimalkan keberhasilan pengelolaan kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kepribadian hardiness denga kemampuan pengelolaan kelas pada guru SMA Muhammadiyah Susukan Semarang dan SMA Muhammadiyah Salatiga. Hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan positif antara kepribadian hardiness dengan kemampuan pengelolaan kelas pada guru.Subjek penelitian ini adalah guru SMA Muhammadiyah Susukan Semarang dengan jumlah 23 guru dan SMA Muhammadiyah Salatiga dengan jumlah guru 26, jadi keseluruhan subjek berjumlah 49 guru. Tehnik sampling yang digunakan yaitu purposive Non Random Sampling, yaitu mengambil sampel berdasarkan ciri-ciri atau karakteristik yang telah ditentukan sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi (r ) sebesar 0,483; p = 0,001 (p < 0,01), hal ini berarti hubungan positif yang diajukan diterima, yaitu ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kepribadian hardiness dengan kemampuan pengelolaan kelas pada guru. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan positif antara kepribadian hardiness dengan kemampuan pengelolaan kelas dengan sumbangan efektif hardiness sebesar 23,4% berarti banyak faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan untuk mengukur kemampuan pengelolaan kelas selain variabel kepribadian hardiness.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepribadian hardiness, kemampuan pengelolaan kelas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Sep 2008 03:29
Last Modified: 24 Feb 2011 06:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item View Item