PENERAPAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TARIKH (Studi Kasus di SMA Muhamadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009)

HIDAYAH , KHOLIS NUR (2009) PENERAPAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TARIKH (Studi Kasus di SMA Muhamadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000050117.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img]
Preview
PDF
G000050117.pdf

Download (217kB)

Abstract

Tarikh dan kehidupan manusia itu adalah dua sisi yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Mempelajari Tarikh berarti mempelajari peristiwa-peristiwa atau keadaan-keadaan manusia di masa lampau. Dalam hal ini umumnya para peserta didik dan utamanya peserta didik di SMA muhammadiyah 1 Surakarta pelajaran tarikh menjadi sangat penting. Dengan belajar Tarikh peserta didik bisa mengambil pelajaran untuk menapaki sisi positif masa depan mereka. SMA Muhammadiyah 1 adalah salah satu lembaga pendidikan lanjutan menengah atas berciri khas agama Islam yang menjadi sekolah favorit dan unggulan. Untuk menjaga kepercayaan masyarakat atas predikat tersebut lembaga ini terus berbenah dalam mutu pendidikan. Wujud upaya peningkatan mutu yang ditempuh oleh SMA Muhammadiyah 1, diantaranya dengan menerapkan metode Active Learning yang merupakan hal baru dalam dunia pendidikan di Indonesia khususnya di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Pelaksanaan metode Active Learning dalam pembelajaran Tarikh, Apa saja metode Active Learning yang diterapkan dan Apa kendala-kendala yang mungkin dapat menghambat penerapan metode Active Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Active Learning dalam pembelajaran Tarikh di SMA Muhammadiyah 1, untuk mengetahui metode apa yang paling tepat dalam pembelajaran Tarikh dan mengidentifikasi kendala-kendala yang mungkin dapat menghambat penerapan metode Active Learning. Manfaat penelitian ini adalah Memberikan kontribusi teoritik berupa penyajian informasi ilmiah untuk menyempurnakan pelaksanaan metode Active learning dalam pembelajaran Tarikh serta untuk memperkaya khazanah teoritis di kalangan pelaku pendidikan, Sebagai dasar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan dasar pijakan serta sebagai pembanding dalam penelitian-penelitian lebih lanjut yang sejenis.Bagi guru, penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan ( Field Research ), objek penelitian ini adalah guru Tarikh dan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1, untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan kualitatif deskriptif ( penelitian yang menghasilkan kata-kata tulisan atau lisan ). Penulis menyimpulkan bahwa, dalam proses pembelajaran Tarikh di SMA Muhammadiyah 1 tidak hanya menggunakan metode ceramah tapi juga menggunakan Reading Guide, Guided Note Taking, Information Search. Adapun kendala yang dapat menghambat dalam penerapan metode active learning adalah penyediaan alokasi waktu relative kurang, sebagian siswa masih ada yang membuat keributan saat kegiatan pembelajaran berlangsung, membutuhkan biaya yang banyak, anak kurang konsentrasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama, active learning, tarikh
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 15 Jul 2009 06:44
Last Modified: 03 Jan 2012 10:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3547

Actions (login required)

View Item View Item