Pengaruh Pendekatan Problem Posing Pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pokok Bahasan Balok Kelas Viii Smp Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015

Dwi Jayanti, Ida Rusiana and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2015) Pengaruh Pendekatan Problem Posing Pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pokok Bahasan Balok Kelas Viii Smp Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (289kB)
[img] PDF (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (BAB V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Problem Posing pada kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB. Penelitian dilakukan di SMP N 2 Kartasura dengan menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa, yaitu 31 siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui pre tes dan pos tes. Pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis variansi dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pendekatan Problem Posing dengan pendekatan konvensional terhadap hasil belajar matematika. Pengujian hipotesis menunjukkan F > F (F = 3,742 > F = 2,39). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pendekatan Problem Posing dengan pendekatan konvensional. Dengan demikian, ada perbedaan antara pendekatan Problem Posing dengan pendekatan konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 2 Kartasura tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ida Rusiana Dwi Jayanti
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:09
Last Modified: 10 Oct 2021 14:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35438

Actions (login required)

View Item View Item