Penerapan Strategi Pembelajaran Listening Teams Guna Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Mata Pelajaran Pkn Kelas III SDIT Iqro’ Nogosari Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali Tahun 2014/2015

Khasanah, Siti Hayatun (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Listening Teams Guna Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Mata Pelajaran Pkn Kelas III SDIT Iqro’ Nogosari Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (947kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Listening Teams dalam mata pelajaran PKn siswa kelas III di SDIT IQRO’ Nogosari Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDIT IQRO’ yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (display data) dan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam mata pelajaran PKn pada siswa kelas III melalui penerapan strategi Listening Teams. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase indikator pencapaian keaktifan siswa dari pra siklus, siklus I dan siklus II yaitu: dari 21 siswa yang memiliki prosentase keaktifan tinggi pada pra siklus prosentasenya adalah 9,52%. Adapun, pada siklus I pertemuan 1 siswa yang memiliki keaktifan tinggi prosentasenya meningkat menjadi 14,29% dan pada pertemuan 2 siswa yang memiliki keaktifan tinggi prosentasenya menjadi 23,81%. Selanjutnya, pada siklus II siswa yang memiliki keaktifan tinggi persentasenya juga mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 52,38% pada pertemuan 1 dan prosentasenya mengalami kenaikan menjadi 80,95% dalam pertemuan 2 diakhir siklus II. Oleh karena itu, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi Listening Teams dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran PKn.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, Listening Teams
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Jul 2015 03:44
Last Modified: 29 Jul 2015 03:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35429

Actions (login required)

View Item View Item