Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an kelas X di SMK N 2 Gedangsari Gunungkidul DIY 2014-2015

Miyarsi, Miyarsi and , Dr. Ari Anshori. M.Ag. and , Drs. Arief Wibowo. M.Ag (2015) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an kelas X di SMK N 2 Gedangsari Gunungkidul DIY 2014-2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (ARTIKEL PUBLIKASI)
ARTIKEL.pdf

Download (569kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
halaman Bagian Depan asli.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
surat pernyataan publikasi ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy

Abstract

Setiap siswa pada prinsipnya harus bisa membaca al-Qur’an. Tetapi tidak sedikit dijumpai banyak anak-anak SMK khususnya, yang tidak bisa membaca al-Qur’an. Sehingga, penanaman nilai moral keagamaan pada anak yang seharusnya bisa ditanamkan sejak dini tidak bisa ditanamkan. Sebagai contohnya di SMK N 2 Gedangsari, banyak kasus anak yang tidak bisa membaca al-Qur’an. Oleh sebab itu timbulah pemikiran untuk mengatasi kesulitan belajar membaca al-Qur’an di sekolah tersebut. Dari hal tersebut maka penulis tertarik untuk meneliti tentang “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an kelas X di SMK N 2 Gedangsari Gunungkidul DIY 2014-2015 ”. Dalam penelitian ini, masalah yang dikaji adalah kesulitan yang dihadapi siswa kelas X dalam membaca al-Qur’an, upaya-upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi kesulitan tersebut. Serta, faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa kelas X dalam membaca al-Qur’an, upaya-upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Qur’an. Serta, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Qur’an di SMK N 2 Gedangsari. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan gambaran tentang upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Qur’an di SMK Negeri 2 Gedangsari Gunungkidul DIY. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil objek di SMK N 2 Gedangsari. Metode wawancara, observasi partisipan serta dokumentasi digunakan dalam pengambilan data di lapangan. Sedangkan metode analisis yang digunakan ialah deskriptif kualitatif yakni pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa : kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca al-Qur’an di SMK N 2 Gedangsari berupa : a) Lemahnya pemahaman siswa terhadap huruf hijaiah, b) penerapan huruf sesuai dengan makhārijul ḥurūf, c) penerapan hukum bacaan dan tanda waqaf. Upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Qur’an tersebut, antara lain : a) metode individu (face to face), b) metode menyimak, c) metode targīb dan tarḥīb. Faktor pendukung dalam pelaksanaan tersebut antara lain : a) tersedianya sarana pembelajaran al-Qur’an, b) terdapatnya siswa yang lebih pintar dalam setiap kelompok. Faktor penghambatnya antara lain : a) lemahnya pemahaman siswa terhadap huruf hijaiah dan kurangnya perhatian orang tua terhadap anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya, guru Pendidikan Agama Islam, kesulitan belajar membaca al-Qur’an
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: MIYARSI
Date Deposited: 29 Jul 2015 06:31
Last Modified: 06 Oct 2021 14:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35427

Actions (login required)

View Item View Item