Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Macromedia Flash (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015)

Widyani, Annissa and , Drs.Slamet HW, M.Pd. (2015) Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Macromedia Flash (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (304kB)
[img] PDF (BAB I)
4. BAB 1.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (BAB II)
5. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (BAB III)
6. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (BAB IV)
7. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (BAB V)
8. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
1. PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning berbasis macromedia flash bagi siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang dapat dilihat dari indikator- indikatornya yaitu: 1) Siswa memiliki rasa ingin tahu terhadap masalah sebelum tindakan 28%, setelah tindakan siklus II 80%, 2) Siswa mampu menuliskan solusi dan jawaban dari permasalahannya sendiri sebelum tindakan 24%, setelah tindakan siklus II 76%, 3) Siswa mampu menyimpulkan pembelajaran secara mandiri sebelum tindakan 32%, setelah tindakan siklus II 84%. Peningkatan hasil belajar matematika: 1) Nilai rata-rata matematika siswa melebihi KKM sebelum tindakan 36%, setelah tindakan siklus II 80%. Jadi berdasarkan uaraian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis macromedia flash dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, macromedia flash, kreativitas dan hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Annissa Widyani
Date Deposited: 18 Aug 2015 05:15
Last Modified: 10 Oct 2021 14:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35419

Actions (login required)

View Item View Item