STUDI TENTANG BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DI SMP MUHAMMADIYAH 3 AMPEL TAHUN PELAJARAN 2007/2008

IRHAM , MOHAYAT (2009) STUDI TENTANG BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DI SMP MUHAMMADIYAH 3 AMPEL TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000050079.pdf

Download (165kB)
[img] PDF
G000050079.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)

Abstract

Masa puberitas adalah masa yang memerlukan kegiatan bimbingan islami di sekolah yang bernafaskan islam. Pada umumnya bimbingan konseling disekolah-sekolah bersifat umum sehingga pelaksanaan bimbingan konseling islami yang bernafaskan islam penting dilaksanakan untuk mendasari dan mendampingi perubahan anak remaja dalam perkembangannya. Penelitian ini memfokuskan pada masalah BP islami yang mengambil tempat di SMP Muhammadiyah 3 Ampel, Boyolali yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan konseling islami di SMP Muhammadiyah 3 Ampel. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan. Tentu penelitian ini membutuhkan beberapa data yang valid dan analisis, sehingga dapat menggambarkan pelaksanaan kegiatan BP Islami di SMP Muhammadiyah 3 Ampel. Metode pengumpulan data pada Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi sekolah, wawancara, dan observasi yang kemudian dianalisis dengan metode a. Berfikir induktif, b. Berfikir deduktif, c. Berfikir komparatif. 1. Metode bimbingan konseling di SMP Muhammadiyah 3 Ampel telah diterapkan dengan pendekatan-pendekatan islam sesuai dengan kebutuhan siswa dengan hasil cukup baik. 2. Untuk mengatasi kurang aktifnya siswa dalam mengkonsultasikan masalahnya kepada guru BPdan kurangnya kepedulian orang tua siswa dengan kegiatan BP maka guru BP mengambil langkah yaitu dengan bersikap lebih akrap selanjutnya guru BP Islami melakukan kerjasama dengan wali kelas untuk mengadakan forum siswa dan BP dan forum orang tua murid dan BP untuk berdialog tentang masalah-masalah siswa dan program yang datang. 3. Dengan diberikannya diberikannya Bimbingan konseling dengan pendekatan Agama yang terprogram, program tersebut dapat berjalan dengan cukup baik. Terbukti dengan berkurangnya kenakalan-kenakalan dari tahun-tahun sebelumya. kemudian dengan bimbingan belajar yaitu bekerjasama dengan wali kelas, guru bidang studi maka para siswa yang nilainya di bawah standar dapat memperbaiki nilainya dan meningkatkan prestasinya. Sebagai peneliti, kami mengusulkan agar kepala sekolah memberikan layanan penataran kepada semua petugas BP sebagai bekal dalam menjalankan tugas-tugasnya agar cita-cita pendidikan sekolah dapat tercapai dengan optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: bimbingan konseling, agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 15 Jul 2009 04:11
Last Modified: 16 Nov 2010 13:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3540

Actions (login required)

View Item View Item