Implementasi Karakter Tanggung Jawab Dan Kerja Keras Dalam Masyarakat (Studi Kasus Pada Paguyuban Karya Bina Sosial Bata Merah Kelurahan Jetis Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015)

Salamah, Luk Luk (2015) Implementasi Karakter Tanggung Jawab Dan Kerja Keras Dalam Masyarakat (Studi Kasus Pada Paguyuban Karya Bina Sosial Bata Merah Kelurahan Jetis Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (464kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (894kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi karakter tanggung jawab dan kerja keras pada Paguyuban Karya Bina Sosial Bata Merah Kelurahan Jetis, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015, mendeskripsikan kendala implementasi karakter tanggung jawab dan kerja keras pada Paguyuban Karya Bina Sosial Bata Merah Kelurahan Jetis, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015, dan mendeskripsikan solusi kendala implementasi karakter tanggung jawab dan kerja keras pada Paguyuban Karya Bina Sosial Bata Merah Kelurahan Jetis, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan karakter tanggung jawab dan kerja keras pada paguyuban karya bina sosial bata merah yaitu menghasilkan bata merah yang berkualitas bagus, setiap orang melaksanakan tugas sesuai dengan keterampilan yang dimiliki, dapat menciptakan suasana yang dapat memacu kompetisi yang sehat diantara para pelaku usaha, memiliki sikap pantang menyerah dan bersabar dalam keadaan apapun. Kendala pelaksanaan karakter tanggung jawab dan kerja keras yaitu kurangnya rasa tanggung jawab, pengecekan dalam proses pembuatan bata merah, harga bahan dasar yang tidak menentu, dan kurangnya komunikasi antar pedagang serta persaingan secara sehat. Solusi kendala pelaksanaan karakter tanggung jawab dan kerja keras yaitu memeriksa hasil dari pembuatan bata yang akan dipasarkan sehingga akan mempengaruhi pendapatan produksi bata merah, menjaga kualitas bata merah yang dijualnya, sabar dalam menghadapi kendala yang ada, serta persaingan dan komunikasi yang baik antar pedagang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter, kerja keras, tanggung jawab, paguyuban bata merah
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: luk luk salamah
Date Deposited: 29 Jul 2015 05:00
Last Modified: 29 Jul 2015 05:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35391

Actions (login required)

View Item View Item