PENDIDIKAN AKHLAK DI TAMAN KANAK-KANAK (Studi Kasus di Taman Kanak-Kanak Buah Hati Kita, di Desa Danguran, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2008/2009)

Wulansari, Dewi (2009) PENDIDIKAN AKHLAK DI TAMAN KANAK-KANAK (Studi Kasus di Taman Kanak-Kanak Buah Hati Kita, di Desa Danguran, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000050039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
G000050039.pdf

Download (208kB)

Abstract

Penelitian pendidikan akhlak di Taman Kanak-kanak “Buah Hati Kita” di Desa Danguran, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupatan Klaten Tahun Ajaran 2008/2009 bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan serta faktor pendukung dan penghambat pendidikan akhlak baik di dalam kegiatan belajar mengajar maupun di luar kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, obyek dalam penelitian ini adalah semua siswa, pengurus dan ustadzah di Taman Kanak-kanak “Buah Hati Kita” tahun ajaran 2008/2009. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu mengumpulkan data kemudian mereduksi data yang telah di peroleh setelah itu menganalisis dan menarik kesimpulan. Pendidikan akhlak di Taman Kanak-kanak “Buah Hati Kita” menggunakan metode keteladanan, nasehat, pembiasaan, cerita, tanya jawab, hadiah dan hukuman serta bernyanyi. Materi yang di terapkan dalam pembinaan akhlak di Taman Kanak-kanak “Buah Hati Kita” meliputi adab-adab Islami, disiplin, emosi/perasaan dan kemampuan bermasyarakat. Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan akhlak di Taman Kanak-kanak ”Buah Hati Kita” meliputi; pembinaan akhlak yang dilaksanakan secara continue di dalam kegiatan belajar mengajar maupun di luar kegiatan belajar mengajar, kesadaran guru dalam membina akhlak anak, dan sistem evaluasi dengan menggunakan buku harian (penghubung) sebagai bentuk kerjasama antara orang tua dan guru. Faktor penghambat pelaksanaan pendidikan akhlak meliputi; anak didik rata-rata berusia empat sampai tujuh tahun, sehingga pendidikan akhlak yang diajarkan belum sepenuhnya bisa di terima, profesionalisme guru yang kurang berkompeten di bidangnya, sarana prasarana sekolah belum memadai, dan orang tua yang tidak menjadikan rumah untuk menerapkan pendidikan yang telah di terima di sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pendidikan akhlak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 15 Jul 2009 03:24
Last Modified: 16 Nov 2010 13:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3539

Actions (login required)

View Item View Item