Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Sikap Toleransi Antarumat Beragama Terhadap Siswa SMP Negeri 1 Selogiri Tahun Pelajaran 2014/2015

Puji Astuti, Ayu and , Dr. Ari Anshori, M. Ag and , Dr. Mutohharun Jinan, M. Ag (2015) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Sikap Toleransi Antarumat Beragama Terhadap Siswa SMP Negeri 1 Selogiri Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
12. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (637kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
02. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
03. BAB 1.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
04. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab III)
05. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
06. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab V)
07. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab VI)
08. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)

Abstract

Strategi merupakan cara seorang guru dalam melakukan pembelajaran sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Pembinaan adalah suatu proses dalam pembangunan, pembimbingan, pembentukan, dan pengembangan kepribadian seseorang. Sedangkan toleransi adalah sikap saling menghargai dan saling menghormati antar sesama pemeluk agama dalam melaksanakan ibadah sesuai keyakinan masing-masing. Dalam penelitian ini penulis meneliti SMP Negeri 1 Selogiri karena warga sekolahnya terdiri dari siswa beragama Islam dan Protestan. Misi sekolah di SMP Negeri 1 Selogiri juga mewujudkan perilaku toleran terhadap semua warga sekolah baik itu Islam maupun Non Islam. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui upaya sekolah, khususnya Guru PAI dalam meningkatkan pembinaan sikap toleransi pada diri setiap siswa. Berdasarkan latar belakang masalah, maka peneliti merumuskan beberapa pokok permasalahan yang tertuang dalam rumusan masalah sebagai berikut: (1)Bagaimana strategi Guru PAI dalam membina sikap toleransi antar umat beragama di SMP Negeri 1 Selogiri?(2)Bagaimana keadaan sikap toleransi antar umat beragama di SMP Negeri 1 Selogiri? Maka sesuai rumusan masalah tersebut, tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi pembinaan toleransi dan keadaan toleransi di SMP Negeri 1 Selogiri. Penelitian bersifat kualitatif, dan penelitian secara field research karena yang diteliti ada di lapangan dan dapat di amati secara langsung. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis induktif yaitu mendeskripsikan fakta yang diperoleh dari penelitian, kemudian dianalisis dari teori. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis memberikan kesimpulan bahwa Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina sikap toleransi antar umat beragama terhadap siswa SMP Negeri 1 Selogiri ada dua tahap, yaitu: tahap pertama adalah pembinaan sikap toleransi di dalam kelas dan tahap kedua adalah pembinaan sikap toleransi di luar kelas. Sikap toleransi siswa di SMP Negeri 1 Selogiri sudah sangat baik, hal ini dapat dilihat dari pergaulan siswa yang begitu akrab tanpa membedakan agama. Di sekolah juga diterapkan adanya jabat tangan sebelum dan sepulang sekolah serta adanya penerapan 3S yaitu Senyum, Sapa, Salam antar sesama siswa baik itu Islam maupun non Islam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru,dan Toleransi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ayu Puji Astuti
Date Deposited: 29 Jul 2015 05:27
Last Modified: 06 Oct 2021 14:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35348

Actions (login required)

View Item View Item