Efektivitas Penggunaan Metode Teams Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Materi Keunggulan Geostrategis Di Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 6 Surakarta

Widyasmara, Bella Ariesta and , Drs. Suharjo, M.S (2015) Efektivitas Penggunaan Metode Teams Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Materi Keunggulan Geostrategis Di Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 6 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas MUhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI.pdf

Download (288kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (358kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Pernyataan)
pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas penggunaan metode Teams Games Tornament (TGT) Pada Mata Pelajaran IPS dengan Materi Keunggulan Geostrategis di Indonesia kelas VIII SMP N 6 Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Penitian eksperimen menggunakan uji beda yang terdiri dari dua kelas yang berfungsi sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalahkelas yang diberikan penerapan metode Teams Games Tornament (TGT). Sedangkan kelas control adalah kelas yang penggunaanya menggunakan metode secara konvensional atau ceramah. Dalam penelitian ini yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas VIII B, VIII C, VIII E, dan VIII F. Sedangkan yang menjadi kelas control adalah kelas VIII A dan VIII D. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan sampel purposif. Sampel purposive adalah sampel yang diambil berdasarkan pertimbangan tertentu. Pertimbangan tertentu dalam penelitian ini adalah kebijakan sekolah. Sampel yang digunakanmeliputi 6 kelasdarikelas VIII A hingga VIII F berjumlah 191 siswa. Hasil penelitian kelas control menunjukkan rata-rata pre test 95,08 dan post test 98,25. Hasil penelitian kelas eksperimen menunjukkan rata-rata pre test 92,89 dan post test 96,67. Hasil penelitian ketrampilan kelas kontrol 95,48 dan kelas ekperimen 95,54. Penilaian pengetahuan pada kelas control lebih tinggi daripada klas eksperimen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan metode Teams Games Tornament (TGT) tidak efektif karena hasil kelas yang menggunakan metode secara konvensional lebih tinggi disbanding kelas yang diterapkanya penggunaan metode Teams Games Tornament (TGT).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, EfektifitasdanMetode Teams games Tournament (TGT)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Bella Ariesta Widyasmara
Date Deposited: 29 Jul 2015 03:09
Last Modified: 11 Oct 2021 05:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35330

Actions (login required)

View Item View Item