Karakteristik Budaya Sekolah Dalam Pelaksanaan Pembinaan Keagamaan (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jatinom Tahun Pelajaran 2014/2015)

Diah Ayu Aprilia, Erma and , Dra. Cusniatun, M.Ag and , Drs. M. Yusron, M.Ag (2015) Karakteristik Budaya Sekolah Dalam Pelaksanaan Pembinaan Keagamaan (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jatinom Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Artikel Publikasi)
NASKAH ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (815kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (Lampiran-Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah semakin banyak tindakan kriminal dan kejahatan yang dilakukan anak diusia sekolah yang dikarenakan semakin buruknya norma dan moral, sehingga diperlukan suatu pendidikan yang dapat membangun moral dan karakter anak. Kegiatan-kegiatan dan kebiasaan-kebiasaan yang baik sangat berpengaruh pada karakter anak, apalagi kebiasaan-kebiasaan itu dilakukan secara rutin. Dalam pendidikan formal yaitu sekolah, kebiasaan-kebiasaan tersebut akan membentuk suatu budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik budaya sekolah dalam pembinaan keagamaan yang dilakukan sekolah untuk pembiasaan siswa-siswinya. Madrasah Tasanawiyah Negeri Jatinom adalah lembaga pendidikan yang sangat berperan dalam membentuk karakter siswa-siswinya dalam bidang keagamaan dengan cara mengenalakan ilmu agama islam dan membiasakan kegiatan keagamaan untuk memberi bekal dan pondasi siswa-siswinya dimasa yang akan datang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan analisis yang digunakan adalah analisis induktif. Dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan observasi. Berdasarkan analisis data penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa karakteristik budaya sekolah di Madrasah Tasanawiyah Negeri Jatinom sangat baik dan berkualitas itu terlihat dari nilai-nilai budaya yang dikembangkan dan diterapkan di sekolah seperti budaya Islam, religius, disiplin, jujur, dan visi misi yang diangkat di sekolah tersebut merujuk pada generasi yang memiliki karakter Islam. Pelaksanaan pembinaan keagamaan di Madrasah Tasanawiyah Negeri Jatinom sangat menekankan aspek disiplin dan pembiasaan, itu terlihat dari pembinaan keagamaan yang dilakukan secara rutin teratur dan wajib diikuti seluruh warga sekolah. Seperti shalat duha, dzuhur, jum’at yang dilakukan secara berjamaah, rutinitas membaca ayat suci al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai, tausiah sebelum shalat dzuhur, exstra baca tulis al-Qur’an bagi siswa yang belum pandai membaca dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan yang dikembangkan di sekolah oleh seluruh warga sekolah bertujuaan untuk menimbulkan bibit generasi baru manusia yang unggul dan cakap dalam ilmu umum dan ilmu agama.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Budaya Sekolah, Pelaksanaan Pembinaan Keagamaan, Madrasah Tsanawiyah Negeri Jatinom.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Erma Diah Ayu Aprilia
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:02
Last Modified: 06 Oct 2021 14:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35327

Actions (login required)

View Item View Item