upaya meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok b melalui metode pembelajaran eksperimen di tk darul hikmah sragen tahun pelajaran 2013/2014

Lestari, Umi and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. (2015) upaya meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok b melalui metode pembelajaran eksperimen di tk darul hikmah sragen tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.pdf

Download (433kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (790kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (bAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Naskah Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif pada anak melalui metode pembelajaran eksperiment di kelompok B TK Darul HikmahPungkruk,Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Sebelum diadakan penelitian, kemampuan kognitif anak kurang dan guru sudah menggunakan berbagai metode pembelajaran.membaca. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan kognitif pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Darul Hikmah yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan catatan lapangan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui 2 siklus, yang terdiri dari empat kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini diharapkan dengan metode pembelajaran eksperiment dapat meingkatkan kemampuan kognitif anak di TK Darul Hikmah Punkruk,Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif pada anak di TK Darul Hikmah. Sebelum dilakukan penelitian ini kemampuan kognitif di TK Darul Hikmah masih rendah. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menggunakan metode eksperiment pada siklus I kemampuan kognitif meningkat. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui metode eksperiment dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelompok B TK Darul Hikmah Pungkruk,Sragen tahun pelajaran 2013/2014” terbukti kebenarannya dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: study eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Umi Lestari
Date Deposited: 28 Jul 2015 06:56
Last Modified: 08 Oct 2021 03:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35210

Actions (login required)

View Item View Item