PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Kelas VIII Tahun Ajaran 2008/2009)

SARI, LINDA HERLIANA (2009) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Kelas VIII Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050230.pdf

Download (34kB)
[img] PDF
A410050230.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran tipe NHT dengan pendekatan kontekstual. 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran tipe NHT dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan tes tertulis serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara dan dokumetasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi pembelajaran tipe NHT dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, (a) keaktifan siswa dalam bertanya mengalami peningkatan sebesar 25,93%, (b) keaktifan siswa berinteraksi dalam kelompok mengalami peningkatan sebesar 40,41%, (c) keaktifan siswa dalam menjawab atau memberikan tanggapan mengalami peningkatan sebesar19,59%, (d) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas mengalami peningkatan sebesar 19,22%, dan (e) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal diskusi di buku catatan mengalami peningkatan sebesar 25,10%. 2) penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi pembelajaran tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika yang ditunjukan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dan nilai rata-rata siswa. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 57,58% dan nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 10,54%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410-077
Uncontrolled Keywords: pendekatan kontekstual, Numbered Head Together, keaktifan, hasil belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 14 Jul 2009 03:13
Last Modified: 16 Nov 2010 13:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3520

Actions (login required)

View Item View Item